Ukraina Kewalahan Perang Lawan Rusia, tapi Malah Kerahkan Pasukan Khusus ke Suriah

Jum'at, 07 Juni 2024 - 08:13 WIB
Ukraina dilaporkan telah mengerahkan pasukan khusus ke Suriah di saat kondisinya kewalahan dalam perang melawan invasi Rusia. Foto/X @KyivPost
KYIV - Ukraina telah mengeluh kewalahan dalam perang melawan invasi Rusia dan memohon pasokan senjata Barat. Namun, di tengah kondisi itu, Kyiv justru mengerahkan pasukan khusus ke Suriah dengan klaim melawan tentara bayaran Moskow di sana.

Media Ukraina, Kyiv Post, telah merilis sebuah video yang diperoleh dari sumber-sumber di Direktorat Utama Intelijen (GRU) Ukraina. Video itu menunjukkan anggota Pasukan Khusus Ukraina dari Direktorat Intelijen Militer (HUR) menargetkan pos pemeriksaan Rusia, patroli jalan kaki, konvoi militer, dan benteng di barat daya Suriah.

Karena video tersebut terlihat bertanggal Maret 2024, media tersebut mengutip sumber intelijen Ukraina yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan bahwa pasukan tersebut telah mendukung pemberontak Suriah dalam melakukan berbagai operasi dan serangan terhadap fasilitas militer Rusia sejak awal tahun ini.





Selama operasi tersebut, tentara Pasukan Khusus Ukraina dilaporkan menggunakan berbagai taktik dan persenjataan gerilya, termasuk granat berpeluncur roket, mortir “Tarab” improvisasi, dan alat peledak improvisasi untuk membantu pemberontak melawan serdadu Rusia dan pasukan Suriah di bawah rezim Presiden Bashar al-Assad.

Namun sejumlah analis menyangkal rekaman video dan laporan tersebut, dengan alasan bahwa pasukan dan tentara bayaran Rusia tidak dikerahkan di barat daya Suriah, bahwa pasukan oposisi Suriah tidak banyak berkeliaran di wilayah tersebut.

Ada juga yang mengatakan rekaman video tersebut menggambarkan bentrokan di Daraa, daerah lain di Suriah selatan lebih jauh ke timur dari Dataran Tinggi Golan.

Pihak lain juga menunjukkan kontradiksi dengan narasi bahwa Ukraina sangat kekurangan pasukan dan personel dalam perang melawan pasukan invasi Rusia, sehingga tampaknya tidak masuk akal bagi Kyiv untuk mengerahkan pasukan yang sangat dibutuhkan untuk berperang di luar negeri.

Alexander Libman, seorang profesor Politik Rusia dan Eropa Timur di Free University of Berlin, mengatakan: “Mengirim pasukan keluar dari negara tersebut [Ukraina] memang agak aneh.”

Sebaliknya, menurut laporan Business Insider, Jumat (7/6/2024), jika laporan tersebut diverifikasi dan terbukti benar, hal ini akan mengonfirmasi rumor bahwa Ukraina—yang kemungkinan besar mendapat bantuan dari Barat—berupaya melawan kekuatan dan pengaruh militer Rusia jauh dari wilayah dan perbatasannya sendiri, sehingga membuka front baru dalam konflik yang sedang berlangsung.

Hal itu juga menguatkan laporan awal tahun ini bahwa pasukan Ukraina memerangi tentara bayaran Rusia di Sudan.
(mas)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More