Kepala Staf IDF: Israel Siap Berperang Melawan Hizbullah

Rabu, 05 Juni 2024 - 21:42 WIB
Israel bersiap berperang melawan Hizbullah. Foto/AP
GAZA - Ketika konflik antara Israel dan Hizbullah meningkat bersamaan dengan serangan militer yang sedang berlangsung di Gaza. Para pejabat militer Israel semakin memberi sinyal kesiapan mereka untuk melakukan serangan skala penuh di sepanjang perbatasan utara dengan Lebanon.

Kepala Staf Pasukan Pertahanan Israel (IDF), Herzi Halevi, menyatakan bahwa Israel mendekati titik pengambilan keputusan dan siap melancarkan serangan di utara setelah pelatihan ekstensif.

Permusuhan baru-baru ini antara Israel dan Hizbullah, yang telah mencapai tingkat terburuk sejak perang tahun 2006, telah memaksa puluhan ribu warga sipil di kedua sisi perbatasan meninggalkan rumah mereka. Hizbullah telah menyerang Israel untuk mendukung warga Palestina yang dibombardir Israel di Gaza, dan bersumpah untuk melakukan gencatan senjata hanya jika serangan Israel di daerah kantong yang terkepung itu berhenti.





Menteri sayap kanan Israel Bezalel Smotrich dan Itamar Ben-Gvir sangat vokal dalam seruan mereka untuk meningkatkan aksi militer terhadap Hizbullah. “Tidak akan ada perdamaian di Lebanon jika tanah kami terkena dampaknya dan orang-orang di sini dievakuasi. Mereka menyalakan api di sini, kita harus membakar semua benteng Hizbullah, menghancurkannya. Perang!" ungkap Ben-Gvir dilansir Reuters saat berkunjung ke kota utara Kiryat Shmona.

Baik Hizbullah dan Hamas didirikan sebagai respons terhadap pendudukan Israel di Lebanon dan Palestina. Israel telah terlibat dalam konflik sengit dengan kelompok-kelompok perlawanan ini, yang telah berjuang melawan perampasan tanah kolonial Israel selama beberapa dekade.

AS, meski memandang Hizbullah sebagai kelompok teroris, telah menyatakan preferensinya terhadap solusi diplomatik terhadap konflik dengan kelompok Lebanon. Uni Eropa telah menyerukan semua pihak untuk menahan diri, dan memperingatkan bahwa tidak ada seorang pun yang akan memperoleh keuntungan dari konflik regional yang lebih luas.

Ketika ketegangan terus meningkat dan para pejabat Israel menggalang dukungan untuk perang dengan Hizbullah, komunitas internasional memantau situasi ini dengan cermat, karena khawatir akan terjadi konfrontasi yang lebih luas antara musuh-musuh yang bersenjata lengkap.

Kekerasan yang sedang berlangsung telah merenggut nyawa sekitar 300 anggota Hizbullah, 80 warga sipil Lebanon, 18 tentara Israel dan sepuluh warga sipil Israel, menurut penghitungan Reuters dan laporan militer Israel.
(ahm)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More