Rusia Tembak Jatuh 2 Jet Tempur MiG-29 Ukraina dalam Sehari

Senin, 03 Juni 2024 - 07:33 WIB
Rusia umumkan telah menembak jatuh dua jet tempur MiG-29 Ukraina dalam sehari. Foto/EurAsian Times
MOSKOW - Pasukan Moskow telah menembak jatuh dua jet tempur MiG-29 Ukraina dalam satu hari. Demikian pengumuman Kementerian Pertahanan Rusia pada hari Minggu.

Pengumuman itu muncul tak lama setelah Kyiv melaporkan serangkaian kerugian pesawat musuh di negara yang dilanda perang tersebut.

"Dua jet Ukraina ditembak jatuh oleh sistem anti-pesawat," kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan, namun memberikan rincian lebih lanjut, seperti dikutip dari Newsweek, Senin (3/6/2024).



Dalam angka terbaru, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa Ukraina telah kehilangan total 609 pesawat, serta 274 helikopter, sejak Februari 2022.



Klaim Rusia tersebut belum bisa diverifikasi secara independen.

Sekadar diketahui, armada jet tempur Kyiv yang menua dan era Soviet telah menghabiskan lebih dari dua tahun berhadapan dengan pesawat Rusia yang lebih banyak jumlahnya dan lebih canggih.

Pada akhir 2023, Angkatan Udara Ukraina memiliki sekitar 24 unit jet tempur MiG-29, yang oleh NATO dinamai sebagai Fulcrum. Data itu menurut lembaga think tank yang berbasis di Inggris, International Institute for Strategic Studies (IISS).

Ukraina telah lama meminta jet tempur F-16 buatan Amerika Serikat untuk mengganti kerugiannya dan meningkatkan kemampuan tempurnya, yang mana beberapa sekutu Barat-nya berjanji akan menyediakannya tahun lalu.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More