Luar Biasa! Hamtramck Jadi Kota AS Pertama yang Boikot Israel

Jum'at, 31 Mei 2024 - 18:48 WIB
“Di bawah tujuan ini, badan pemerintah daerah seperti dewan kota dan daerah memainkan peran kunci, karena mereka sering memiliki hubungan dengan perusahaan dan lembaga yang membantu Israel untuk menindas warga Palestina," ungkap penjelasan BDS lebih lanjut.

Pada tahun 2018, ibu kota Irlandia, Dublin, menjadi ibu kota Eropa pertama yang mendukung gerakan BDS untuk hak-hak Palestina dan menyerukan pengusiran duta besar Israel untuk Irlandia.

Sejumlah kota di Eropa telah melakukan langkah serupa, yang menandakan dukungan untuk BDS.

Pada September, Barcelona membatalkan perjanjian kota kembarnya dengan Tel Aviv, meskipun keputusan tersebut kemudian dibatalkan ketika wali kota saat itu, Ada Colau, kalah dalam pemilu.

Pada April 2023, ibu kota Norwegia, Oslo, mengumumkan mereka tidak akan memperdagangkan barang dan jasa yang diproduksi di wilayah yang diduduki secara ilegal yang melanggar hukum internasional, seperti wilayah pendudukan di Dataran Tinggi Golan dan Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur.

Perusahaan yang secara langsung atau tidak langsung berkontribusi pada usaha pembangunan permukiman ilegal Israel akan dikecualikan oleh kebijakan pengadaan kota, demikian keputusan dewan kota Oslo.

Irlandia, Norwegia, dan Spanyol telah mengakui negara Palestina.

Israel hingga saat ini telah membunuh lebih dari 36.000 warga Palestina di Jalur Gaza. Sebagian besar korban adalah wanita dan anak-anak.

(sya)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More