Deretan Reaksi Pemimpin Dunia atas Tewasnya Presiden Iran Ebrahim Raisi dalam Kecelakaan Helikopter

Senin, 20 Mei 2024 - 15:31 WIB
Para pemimpin dunia mengucapkan duka cita mendalam karena kecelakaan yang dialami Presiden Iran Ebrahim Raisi. Foto/Reuters
TEHERAN - Presiden Iran Ebrahim Raisi, seorang garis keras yang telah lama dipandang sebagai calon penerus Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, tewas dalam kecelakaan helikopter di daerah pegunungan dekat perbatasan Azerbaijan.

Helikopter tersebut juga membawa Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian dan enam penumpang serta awak lainnya.

Deretan Reaksi Pemimpin Dunia dalam Tewasnya Presiden Iran Ebrahim Raisi Kecelakaan Helikopter

Presiden Rusia Vladimir Putin

“Ebrahim Raisi adalah seorang politisi luar biasa yang seluruh hidupnya mengabdi untuk mengabdi pada Tanah Air. Sebagai sahabat sejati Rusia, dia memberikan kontribusi pribadi yang sangat berharga bagi pengembangan hubungan bertetangga yang baik antara negara-negara kita dan melakukan upaya besar untuk membawa mereka ke tingkat kemitraan strategis.”

Presiden Turki Tayyip Erdogan

“Sebagai kolega yang secara pribadi menyaksikan upayanya untuk perdamaian rakyat Iran dan wilayah kita selama dia berkuasa, saya mengenang Tuan Raisi dengan rasa hormat dan terima kasih.”

Ketua Liga Arab Ahmed Aboul Gheit

“Kami berdoa kepada Tuhan untuk menghujani mereka dengan belas kasihan dan pengampunan dan menginspirasi keluarga mereka dengan kesabaran dan penghiburan.”



PM Malaysia Anwar Ibrahim

“Saya mendapat kehormatan bertemu Presiden Raisi di sela-sela Sidang Umum PBB November lalu."

“Beliau mencontohkan komitmen yang mendalam terhadap kesejahteraan rakyatnya dan martabat bangsanya, yang mewakili peradaban yang membanggakan dan kaya yang berakar pada prinsip-prinsip Islam."

“Dedikasinya terhadap keadilan, perdamaian, dan peningkatan umat sungguh menginspirasi. Kami berkomitmen untuk memperkuat hubungan Malaysia-Iran, bekerja sama demi kemajuan masyarakat kami dan dunia Muslim. Janji kami akan dipenuhi.”

PM Italia Georgia Meloni

“Saya melihat saat ini pihak berwenang Iran memuji tesis kecelakaan tersebut dan bukan teori konspirasi."
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More