5 Negara dengan Penganut Sufi Terbanyak

Rabu, 06 Maret 2024 - 21:21 WIB
“Sidi Mehrez adalah ulama pelindung Madinah. Dia disebut 'Sultan Madinah'. Saya tidak mungkin melewati jalan ini dan tidak mengunjungi makamnya dan membaca Al-Fatiha dalam jiwanya,” kata Naima, seorang pengunjung kuil. Sidi Mehrez adalah salah satu dari banyak sufi terkenal di Tunisia yang tempat sucinya sangat dihormati oleh orang Tunisia. Sidi Belhassen al-Chedly terletak di puncak bukit yang menghadap ke pemakaman Djellaz.

Warga Tunisia menghormati kesucian tempat suci Sufi dan terus merayakan ritual tempat suci tersebut meskipun baru-baru ini ada serangan dari kelompok ekstremis agama. Baik dalam pembicaraan sehari-hari atau kebiasaan sehari-hari, masyarakat Tunisia bersumpah demi orang-orang suci dan meminta restu mereka ketika menghadapi rintangan.

Pada tahun 2012, kelompok radikal salafi menghancurkan lebih dari 40 tempat suci Sufi, mengklaim bahwa para Sufi dan pengikutnya adalah orang-orang kafir yang tidak menghormati Islam.

3. Maroko



Foto/Reuters

Melansir Arab America, budaya sufi di Maroko merupakan salah satu aspek kekayaan warisan negara yang menawan dan mengakar kuat. Mengambil dari tradisi mistik Islam, tasawuf di Maroko menawarkan jalan spiritual yang berupaya melampaui dunia material dan membangun hubungan langsung dengan Tuhan. Melalui praktik seperti meditasi, nyanyian, dan tarian gembira, para sufi di Maroko berusaha mencapai pencerahan batin dan rasa kesatuan yang mendalam dengan Tuhan.

Beberapa aliran sufi di Maroko seperti Boutchichiya. Persaudaraan Boutchichiya berasal dari Madagh, sebuah kota yang terletak di timur Maroko. Persaudaraan ini, yang dimulai oleh Jamal al Qadiri al Boutchichi pada abad ke-5, dianggap sebagai tarekat sufi paling berpengaruh di Maroko. Menteri Wakaf Agama dan Urusan Islam Maroko saat ini, Ahmed Toufiq, berasal dari ordo Boutchichiya.

Kemudian, Aissawa didirikan di Meknes, Maroko, Persaudaraan Aissawa memainkan peran penting dalam dunia seni tradisional Maroko. Tarekat ini didirikan oleh Muhammad Ben Issa pada abad ke-15, yang pada masanya dijuluki Syekh al Kamil, bahasa Arab untuk “Guru Sufi yang Sempurna.” Saat ini, Persaudaraan Aissawa dikenal karena pengaruhnya terhadap tradisi musik religius Maroko. Musik Aissawa merupakan bagian integral dari perayaan keagamaan seperti Idul Fitri, Idul Adha, dan Idul Maulid di seluruh Maroko.

4. Turki



Foto/Reuters

Turki merupakan negara yang tak bisa dilepaskan dari dunia Sufi. Melansir Eurasianet, dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi peningkatan besar dalam minat terhadap tasawuf di kalangan masyarakat perkotaan Turki yang berpikiran sekuler. Hampir setiap saluran televisi kini mempunyai acara tentang ilmu kebatinan Islam. Di toko-toko buku, hanya buku-buku yang menjual teori konspirasi yang terjual lebih banyak daripada buku-buku dasar mistisisme Islam dan terjemahan baru Ibn-i Arabi.

Ketertarikan terhadap tasawuf melonjak tahun lalu, ketika novelis Elif Safak, yang paling dikenal di Barat karena diadili pada tahun 2006 karena salah satu karakter fiksinya diduga “menghina Turki,” menerbitkan buku barunya tentang penemuan Rumi oleh seorang wanita Yahudi Amerika, yang Pendiri ordo darwis berputar Mevlevi pada abad ke-13. Rumi, yang lahir pada tahun 1207 di wilayah yang sekarang menjadi bagian Tajikistan, menghabiskan sebagian besar hidupnya di Turki saat ini. Ajarannya menawarkan beberapa wawasan terbaik mengenai praktik sufi yang pernah ditulis.

Dalam beberapa hal, gelombang ketertarikan ini cukup mengejutkan. Di Turki, sejak berdirinya Republik Turki, propaganda resmi menampilkan tarekat mistik, atau tarikat, sebagai kekuatan "reaksioner" utama yang menentang sekularisme. Bahkan saat ini, banyak orang Turki yang sekuler menanggapi kata tarikat dengan seringai tidak suka.

Namun, sejak tahun 1990an, ketakutan sekuler semakin berpusat pada politik Islam. Para analis berpendapat, semakin banyak aliran mistisisme, termasuk tasawuf, yang dipandang sebagai alternatif moderat. “Selama bertahun-tahun, ketika dihadapkan pada kelompok Islam yang mengatakan kepada mereka bahwa orang yang tidak salat lima kali sehari bukanlah Muslim, masyarakat Turki sekuler akan membela diri dengan mengatakan bahwa hal yang penting adalah 'hati yang bersih',” kata jurnalis Murat Yalniz. “Mereka menemukan pesan serupa dalam tasawuf.”

Seorang peneliti tasawuf, Seyit Erkal mengatakan minat baru di kalangan kelompok sekuler perkotaan, yang sering digambarkan sebagai 'Orang Turki Putih', hanyalah masalah pencitraan. “Islam di Turki telah lama dianggap jahat, kotor dan primitif, dan beralih ke agama bukanlah hal yang mudah bagi masyarakat perkotaan,” katanya. "Kamu lebih suka yang mana? Jenggot, kopiah, dan dogmatisme, atau slogan Rumi 'ayo, siapa pun kamu?'"

Dilarang oleh para pemimpin sekuler Republik pada tahun 1925, Islam mistis tidak pernah hilang dari Turki. Bisa dibilang, ordo mistik Nakshibendi yang ortodokslah yang paling berperan dalam mengubah Islam menjadi kekuatan politik seperti di Turki saat ini. Namun, sejak tahun 1960-an, tasawuf semakin mendapat tentangan dari Islam radikal, yang dipupuk oleh keyakinan puritan Salafi yang sebagian besar diimpor dari Mesir.

Kelompok Islam radikal menganggap hubungan sufi antara syekh dan mukmin sebagai penyembahan berhala, menurut Ismail Kara, profesor pemikiran Islam di Universitas Marmara di Istanbul. Seperti generasi Islam modernis sebelumnya, mereka juga melihat persaudaraan mistik sebagai salah satu alasan utama mengapa dunia Islam tidak bisa mengimbangi Barat. “Islamisme adalah kritik terhadap sejarah Islam,” jelas Kara. “Kaum Islamis sengaja melakukan upaya untuk melepaskan diri dari tradisi dan masa lalu. Mereka melihat tarikat [ordo mistik] menghalangi upaya mereka untuk kembali ke sumbernya dan memulai lagi.”

5. Aljazair



Foto/Reuters

Sufi dianggap sebagai bagian penting dari Islam di Aljazair. Sufisme pernah diperangi dan ditindas oleh kaum Salafi, dan kini kembali mendapatkan pengaruhnya seperti sebelum Perang Saudara Aljazair.

Sufi mempunyai pengaruh yang besar terhadap masyarakat perkotaan dan pedesaan Aljazair. Tasawuf merupakan bagian dari Aljazair sejak 1400 tahun yang lalu, sehingga dikenal sebagai "Rumah Sufi Marabouts". Sebagian besar penduduk Aljazair adalah pengikut dan murid tasawuf.

Sufisme telah membentuk masyarakat dan politik Aljazair sepanjang sejarah negara tersebut. Saat ini, sangat sedikit yang menyadari warisan ini. Mungkinkah kaum sufi kini memberikan kontribusi penting bagi stabilitas negara.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More