Kenapa Sanksi Barat Tidak Efektif Melemahkan Rusia?

Minggu, 18 Februari 2024 - 17:55 WIB
Rusia mampu bertahan terhadap sanksi Barat. Foto/Reuters
MOSKOW - Sanksi Barat terhadap Moskow telah gagal mengganggu stabilitas perekonomian Rusia . Itu ditegaskan Presiden Lituania Gitanas Nauseda.

Berbicara di Konferensi Keamanan Munich, Nauseda menunjuk pada indikator makroekonomi yang dengan jelas menunjukkan bahwa perekonomian negara tersebut tetap stabil.

Menurut angka resmi terbaru, PDB Rusia naik 3,6% pada tahun 2023, melampaui AS dan UE, dan otoritas negara tersebut memperkirakan pertumbuhan setidaknya 2,3% pada tahun ini.

“Kita harus mengakui bahwa ketiga belas paket sanksi tersebut – yang ketigabelas belum diterapkan – pada dasarnya memiliki dampak yang sangat terbatas terhadap perekonomian Rusia,” kata Nauseda.

Dia mencatat bahwa Rusia sudah mahir dalam menghindari pembatasan, dan mendesak blok tersebut untuk memfokuskan langkah-langkah di masa depan untuk mencegah penghindaran sanksi.





“Penting untuk memperkuat konsekuensi sekunder dan cara-cara untuk menghindari sanksi-sanksi ini, yang sangat tidak masuk akal sehingga praktis membuat mekanisme sanksi itu sendiri tidak efektif dan kosong,” kata Nauseda.

Pemimpin Lituania juga meminta Brussel untuk meningkatkan upaya menggunakan aset-aset Rusia yang dibekukan untuk bantuan ke Ukraina.

“Kita memerlukan keputusan yang lebih cepat mengenai apa yang harus dilakukan terhadap aset-aset Rusia yang dibekukan tersebut,” katanya, sambil menekankan bahwa negara-negara Barat masih belum dapat menemukan cara hukum untuk memanfaatkan dana tersebut.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More