5 Tantangan Pemerintahan Baru Pakistan, Salah Satunya Ancaman Perang dengan India, Afghanistan dan Iran

Kamis, 08 Februari 2024 - 16:16 WIB
Pemerintahan baru Pakistan akan menghadapi serangkaian tantangan berat. Foto/Reuters
ISLAMABAD - Pakistan mengadakan pemilihan nasional pada Kamis (8/2/2024) untuk memilih pemerintahan baru. Padahal, negara itu mengalami berbagai krisis yang melanda negara Asia Selatan berpenduduk 241 juta jiwa. Apalagi, Islamabad merupakan negara memiliki senjata nuklir.

5 Tantangan Pemerintahan Baru Pakistan

1. Mengendalikan Perekonomian yang Sulit



Foto/Reuters

Melansir Reuters, Pakistan berhasil menghindari gagal bayar negara pada musim panas lalu melalui dana talangan terakhir sebesar USD3 miliar dari Dana Moneter Internasional (IMF) – namun dukungan pemberi pinjaman tersebut berakhir pada bulan Maret, setelah itu para pejabat yakin bahwa program baru yang diperluas akan diperlukan.

Merundingkan sebuah program baru, dan dengan cepat, akan menjadi hal yang sangat penting bagi pemerintahan baru, yang akan mengambil alih perekonomian yang dilanda rekor inflasi tinggi dan pertumbuhan yang lambat akibat reformasi yang sulit.



Sebuah program baru berarti berkomitmen pada langkah-langkah yang diperlukan agar tetap berada pada jalur sempit menuju pemulihan, namun hal ini akan membatasi pilihan kebijakan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang sangat frustrasi dan melayani industri yang membutuhkan dukungan pemerintah untuk memacu pertumbuhan.



2. Stabilitas Politik



Foto/Reuters
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More