3 Keuntungan Houthi dalam Perang Melawan AS dan Israel

Kamis, 25 Januari 2024 - 16:16 WIB
Houthi memiliki banyak keuntungan dalam perang melawan AS dan Israel. Foto/Reuters
SANAA - Dalam hal kekuatan militer, AS dan sekutunya seharusnya tidak memiliki masalah dalam menghancurkan kelompok Houthi yang menyerang kapal kargo di Laut Merah.

Namun ketika rudal Houthi terus mengganggu rute pengiriman dan rantai pasokan global, Amerika menyadari bahwa hanya ada sedikit pilihan yang baik untuk menghentikan Houthi. Serangan berulang kali yang dilakukan pasukan AS dan Inggris – termasuk menenggelamkan beberapa kapal Houthi – tampaknya tidak menghalangi gerakan Houthi, kelompok pemberontak Syiah di Yaman, salah satu negara termiskin di dunia yang dilanda perang.

Houthi bukanlah kekuatan militer yang besar, namun mereka tidak perlu menjadi kekuatan militer. Mereka menikmati tiga keuntungan yang memperbesar kemampuan mereka untuk menciptakan kekacauan dan menyulitkan Barat untuk menghentikannya.

3 Keuntungan Houthi dalam Perang Melawan AS dan Israel

1. Geografi



Foto/Reuters



Melansir Insider, alam telah menetapkan bahwa jalan pintas terbaik bagi kapal yang melakukan perjalanan antara Eropa atau pantai timur Amerika menuju India dan Asia Timur adalah Terusan Suez di Mesir, yang menghubungkan Laut Mediterania dan Samudera Hindia.

Itu sebabnya negara-negara berjuang mati-matian untuk menguasai jalur air pada Perang Dunia Pertama dan Kedua. Diperkirakan sebanyak 15% perdagangan dunia dan 20% hingga 30% kargo yang tiba di pelabuhan pantai timur AS melewati Terusan Suez sepanjang 120 mil.

Kanal ini selalu rentan, terbukti ketika kapal kontainer raksasa Ever Give kandas pada tahun 2021, sehingga mengganggu perdagangan global selama berminggu-minggu. Namun masalahnya saat ini bukanlah Terusan Suez itu sendiri, melainkan ancaman yang dihadapi kapal-kapal yang melintasi Laut Merah dan selat Bab el Mandeb (“gerbang air mata” dalam bahasa Arab), yang dibatasi oleh Eritrea dan Djibouti di sebelah barat. dan Yaman di timur.

Bab el Mandeb hanya memiliki panjang 70 mil dan lebar 20 mil, berada dalam jangkauan rudal anti-kapal darat, drone, dan bahkan howitzer yang menembakkan peluru jarak jauh. Tidak seperti kebanyakan jalan raya, tidak ada jalan pintas jika selat tersebut diblokir.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More