Siapakah William Lai? Presiden Taiwan Terpilih yang Dibenci China

Sabtu, 13 Januari 2024 - 22:22 WIB
William Lai memenangkan pemilu presiden di Taiwan. Foto/Reuters
TAIPEI - Kandidat dari partai berkuasa, Lai Ching-te atau dikenal sengan William Lai, yang dicap sebagai “penghasut perang” oleh China memenangkan pemilihan presiden . Bagi masyarakat Taiwan, Lai telah muncul sebagai sosok yang menyelamatkan demokrasi di Taiwan . negara yang menghadapi ketegangan dengan Beijing.

Hasil pemilu Taiwan kemungkinan besar akan menentukan hubungan antara Taiwan dan China selama empat tahun ke depan.

Siapakah William Lai? Presiden Taiwan Terpilih yang Dibenci China

1. Anti-China



Foto/Reuters

William Lai Ching-te dari Partai Demokrat Progresif melakukan pemilu melawan dua lawannya, yaitu Hou dari KMT dan mantan Walikota Taipei Ko Wen-je dari Partai Rakyat Taiwan yang kecil. Ia dikenal karena sikapnya yang pro-demokrasi dan penentangannya yang kuat terhadap China.



2. Mengusung Identitas Taiwan

Partai Lai, Partai Progresif Demokratik, secara terbuka menolak klaim teritorial China dan selalu menganjurkan identitas Taiwan yang terpisah.

Namun, selama kampanye pemilihan presiden, Lai selalu menegaskan bahwa dirinya tidak berniat mendeklarasikan kemerdekaan, lapor The Washington Post. Dia juga mengatakan bahwa Taiwan sudah berdaulat dengan nama resminya, Republik China, dan tidak ada persyaratan untuk meresmikan pemisahan Taiwan dari China.

3. Meningkatkan Kerja Sama dengan AS



Foto/Reuters
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More