Agama Warga Negara Bangladesh dan Persentasenya

Rabu, 20 Desember 2023 - 14:37 WIB
Islam menjadi agama mayoritas di Bangladesh. Sisanya beragam, dari Hindu, Buddha, Bahai, dan bahkan ada yang ateis. Foto/REUTERS
JAKARTA - Bangladesh merupakan negara Asia Selatan yang berbatasan dengan India dan Myanmar. Negara yang merdeka 26 Maret 1971 tersebut memiliki masyarakat yang berorientasi pada agama.

Negara yang memiliki sekitar 169,4 juta penduduk ini terbagi menjadi beberapa pemeluk agama. Mulai dari Islam, Hindu, Kristen, Katolik, hingga Buddha.

Meski dikelilingi oleh negara mayoritas Hindu dan Buddha, rupanya Bangladesh merupakan negara mayoritas Muslim.



Persentase Pemeluk Agama di Bangladesh





Dilansir dari laman US Government, menurut sensus pemerintah nasional tahun 2022, Muslim Sunni berjumlah sekitar 91 persen dari populasi dan diikuti oleh Hindu sekitar 8 persen.

Sisa penduduknya mayoritas beragama Kristen, dengan sekitar 400.000 umat Katolik Roma, dan sekitar satu juta umat Buddha Theravada-Hinayana.

Negara ini juga memiliki sejumlah kecil Muslim Syiah, Muslim Ahmadi, Baha'i, animisme, anggota ISKCON, agnostik, dan ateis.

Dari angka tersebut, Bangladesh memiliki populasi Muslim terbesar kelima di dunia menurut Cultural Atlas. komunitas Muslim di Bangladesh dan wilayah Bengal pada umumnya berkembang secara independen dari aliran Islam yang dominan di India dan Pakistan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More