Kekuatan Militer Negara Pengekspor Senjata ke Israel, Siapa Paling Kuat?

Senin, 04 Desember 2023 - 14:51 WIB
Amerika Serikat, Jerman, Kanada, dan Italia menjadi negara pengekspor senjata ke Israel. Mereka merupakan negara kekuatan NATO. Foto/REUTERS
JAKARTA - Kekuatan militer negara pengekspor senjata ke Israel menjadi sorotan di tengah perang militer Zionis melawan Hamas di Gaza, Palestina.

Israel sebenarnya mampu memproduksi senjata sendiri. Namun, mereka masih membeli atau menerima bantuan senjata dari para sekutu Baratnya.

Menurut data Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI), setidaknya ada empat negara yang tercatat pernah memasok senjata Israel. Masing-masing adalah Amerika Serikat, Jerman, Kanada, dan Italia.



Kekuatan Militer Negara Pengekspor Senjata ke Israel



1. Amerika Serikat



Tak bisa dimungkiri, Amerika Serikat menjadi salah satu negara dengan militer paling kuat di dunia. Pemeringkatan Global Fire Power (GFP) 2023 bahkan menempatkannya di urutan teratas.

Pada sisi kekuatannya, AS memiliki 1,39 juta tentara aktif dan 442 ribu personel cadangan. Kekuatannya juga disokong 5.500 tank, 303.553 kendaraan lapis baja, dan ribuan artileri.

Beralih ke Angkatan Udara, AS mempunyai 1.914 jet tempur, 843 pesawat penyerang, dan 962 pesawat angkut. Kemudian, ada juga 2.634 pesawat latih, 731 pesawat misi khusus, dan lebih dari 6.000 helikopter.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More