8 Kekuatan Terowongan Hamas, Salah Satunya Tak Bisa Ditembus Teknologi Israel

Minggu, 03 Desember 2023 - 14:59 WIB
Terowongan Hamas tidak bisa ditembus teknologi Israel. Foto/Reuters
GAZA - Setelah berminggu-minggu pemboman terus menerus yang menewaskan lebih dari 15.000 warga Palestina , Israel dalam beberapa minggu terakhir memprioritaskan perang perkotaan untuk membersihkan Gaza utara, termasuk pengepungan Kota Gaza dan pemindahan paksa penduduk ke selatan.

Namun bagian penting dari tujuan Israel untuk 'menghancurkan' Hamas kemungkinan besar akan bergantung pada pembongkaran jaringan terowongan rumit yang dibangun oleh kelompok tersebut selama bertahun-tahun.

Berikut adalah 8 kekuatan terowongan Hamas

1. Memiliki Tujuan Defensif dan Ofensif



Foto/Reuters

Melansir The New Arab, dijuluki 'Metro Gaza', terowongan ini dibangun pada tahun 1980an ketika digunakan untuk menyelundupkan barang-barang di bawah kota Rafah yang baru dipecah. Namun, hal ini menjadi lebih penting dan maju setelah blokade Israel diperketat pada tahun 2007.



Awalnya digunakan untuk penyelundupan untuk melewati blokade dan memfasilitasi impor beragam barang seperti elektronik, bahan bangunan, bahan bakar, dan senjata, terowongan ini telah berkembang menjadi jaringan kompleks dengan tujuan militer defensif dan ofensif.

Diperkirakan membentang lebih dari 500 km dan mencapai kedalaman 50-80 meter, menurut para ahli, terowongan tersebut berisi tempat tinggal, dan gudang pasokan, serta memberikan keamanan dan mobilitas bagi para pejuang.



2. Terbuktif Efektif dalam Banyak Perang

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More