Siapakah Javier Milei? Presiden Terpilih Argentina yang Dijuluki Mini-Trump

Selasa, 21 November 2023 - 08:50 WIB
Javier Milei dikenal sebagai mini-Trump dan memenangkan pemilu Argentina. Foto/Reuters
BUENOS AIRES - Ekonom libertarian Javier Milei mengalahkan Menteri Ekonomi Sergio Massa untuk menjadi presiden terpilih Argentina . Usulan ekonomi Milei memang radikal, namun kehidupan pribadi pemimpin populis tersebut – mulai dari kecintaannya pada “seks tantra” hingga “anak berkaki empat” hasil kloningnya – juga mengundang kontroversi yang sama.

Berikut adalah 5 fakta tentang Javier Milei.

1. Orang Luar



Foto/Reuters

Melansir RT, Milei adalah pendatang baru di dunia politik, membentuk koalisi Liberty Advances pada tahun 2021 dan memenangkan pemilihan Dewan Deputi Argentina pada tahun yang sama.

Kampanyenya pada tahun 2021 memberikan gambaran tentang apa yang akan terjadi selanjutnya dalam kampanye presiden tahun ini, dengan Milei mencela saingannya dari sayap kiri sebagai “parasit tidak berguna yang tidak pernah bekerja,” dan bersumpah untuk “mengusir para penjahat ini.”



Sebelum memasuki arena politik, Milei adalah seorang ekonom dan penulis terkemuka, dan sering menjadi tamu dalam debat televisi. Milei adalah seorang pendebat yang agresif, dan sering melontarkan kata-kata kotor terhadap lawan-lawannya, dengan terkenal menyebut Walikota Buenos Aires Horacio Rodriguez Larreta sebagai “orang yang menjijikkan,” dan gubernur provinsi Buenos Aires sebagai “orang kerdil yang kejam.”



2. Kemenangan yang Jelas



Foto/Reuters
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More