Apakah Syiah Houthi Bermusuhan dengan Israel? Berikut Penjelasannya

Senin, 20 November 2023 - 20:40 WIB
Houthi mengklaim telah melancarkan serangan-serangan terhadap Israel, dengan menggunakan rudal balistik dan pesawat tak berawak (drone) yang mereka kembangkan sendiri.

Houthi mengatakan bahwa mereka telah melakukan tiga serangan sejak awal konflik, dan akan terus melakukannya sampai Israel menghentikan agresinya terhadap Palestina. Houthi juga mengancam akan menargetkan fasilitas-fasilitas penting Israel, seperti bandara, pelabuhan, dan pembangkit listrik.

Namun, serangan-serangan Houthi terhadap Israel tidak terbukti secara pasti, dan tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa rudal atau drone Houthi berhasil mencapai wilayah Israel. Sebaliknya, ada laporan bahwa beberapa rudal dan drone Houthi jatuh di wilayah Yaman sendiri, atau di negara-negara tetangga seperti Arab Saudi dan Mesir.

Serangan-serangan Houthi terhadap Israel juga menimbulkan risiko konflik regional yang lebih besar, karena melibatkan negara-negara lain yang berada di sekitar Yaman. Jalur penerbangan tercepat bagi rudal atau drone Houthi menuju Israel adalah melewati Arab Saudi bagian barat, dekat Laut Merah, kemudian terbang di atas Yordania, sebelum masuk ke Israel.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(ahm)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More