Indonesia Dorong Pemberdayaaan Perempuan di Negara-negara Islam

Selasa, 07 November 2023 - 19:50 WIB
"Saya yakin tidak. Lihat kasusku. Saya seorang wanita. Saya seorang ibu. Dan saya juga seorang nenek. Tapi saya berdiri di sini sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia, itu negara muslim terbesar," ujar Retno.

Pertama-tama, hak-hak perempuan pada dasarnya adalah bagian dari Islam. Salah satu surah terpanjang dalam Al-Qur’an adalah surah an-Nisa yang isinya pedoman tentang bagaimana laki-laki dan perempuan harus memperlakukan satu sama lain dan bahwa laki-laki dan perempuan akan diadili berdasarkan perbuatannya sendiri.

Kedua, Islam mengajarkan bahwa laki-laki dan perempuan mempunyai hak dan tanggung jawab untuk berkontribusi terhadap pembangunan. Istri Nabi Muhammad, Khadijah, adalah seorang yang cerdik, pengusaha wanita yang memainkan peran penting dalam mendukung nabi dalam dakwah dan finansial.

Ketiga, sejarah Islam penuh dengan contoh perempuan yang mempunyai kualitas tidak kalah dengan laki-laki. Istri Nabi Muhammad, Aisha, adalah wanita brilian yang berperan penting dalam meriwayatkan hadis sebagai sumber Islam yang paling mendasar setelah Al Quran. Dan dengan meriwayatkan hadits, ia juga berperan penting dalam mendidik ummah.

"Kesimpulannya, ajaran Islam dan sejarah menunjukkan bahwa status dan hak perempuan dalam Islam tidak kalah pentingnya dengan laki-laki," ujar Retno. "Namun yang terpenting kita harus memiliki komitmen yang kuat untuk melaksanakannya bersama," imbuhnya.
(ahm)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More