Perbandingan Kekuatan Militer Iran dan AS, Dua Negara yang Tengah Bersitegang

Selasa, 07 November 2023 - 15:46 WIB
Perbandingan kekuatan militer Iran dan AS. Foto/Ilustrasi/Sindonews
JAKARTA - Kekuatan militer Iran dan Amerika Serikat (AS) menarik untuk dibandingkan, mengingat kedua negara tersebut memang kerap bersitegang. Terbaru, Iran sempat mengancam AS jika tidak menerapkan gencatan senjata di Gaza.

Dikutip dari Reuters, Iran mengatakan bahwa Amerika Serikat akan "terpukul keras" jika Washington tidak menerapkan gencatan senjata di Gaza, kata Menteri Pertahanan negara itu.

Tidak hanya itu, terdapat pula ribuan pengunjuk rasa di Iran pada hari Sabtu melawan Amerika Serikat dan Israel dan mendukung warga Palestina di Jalur Gaza yang dilanda perang.

Setiap kali terjadi konflik antara Israel dan Palestina, persitegangan antara AS dan Iran memang kerap memuncak. Ini disebabkan oleh keputusan AS yang selalu condong ke Israel, sementara Iran adalah negara Arab garis keras yang mendukung Palestina.

Perbandingan Kekuatan Militer Iran dan AS

1. Jumlah Personel





Dari total jumlah personel, AS yang memiliki penduduk lebih banyak pastinya punya personil militer yang lebih unggul ketimbang Iran.

Negeri Paman Sam diketahui memiliki 1,39 juta personil militer aktif. Sementara kekuatan nmiliter Iran hanya disokong oleh 575 ribu personel menurut laman Global Fire Power.

Dari segi dana yang dikeluarkan untuk militer sendiri AS bisa dibilang lebih banyak dengan lebih dari USD 761 miliar. Sementara Iran hanya mengeluarkan dana USD 5,5 miliar untuk pertahanannya.

2. Angkatan Udara

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More