5 Negara yang Putus Hubungan Diplomatik atau Menarik Duta Besar dari Israel

Senin, 06 November 2023 - 15:25 WIB
Melihat ke belakang, Bolivia sebenarnya juga pernah melakukan hal serupa pada 2009. Namun, sekitar 2020 hubungannya pulih setelahnya terpilihnya penguasa baru.

2. Kolombia



Tetangga Bolivia ini juga turut mengambil tindakan tegas terhadap Israel. Mereka memanggil pulang duta besarnya untuk Israel dengan alasan negara Yahudi itu telah melakukan pelanggaran hukum kemanusiaan internasional yang tidak bisa diterima.

Menurut laporan Anadolu Ajansi, Kolombia menarik duta besarnya dari Israel pada awal pekan lalu.

Sebelumnya, Presiden Gustavo Petro juga memperingatkan bahwa negaranya bisa segera memutuskan hubungan diplomatik jika pasukan Israel tidak kunjung menahan serangannya.

Komentar tersebut juga menyulut kemarahan Israel. Duta besarnya pun sempat dipanggil (sebelum ditarik) atas dugaan pernyataan permusuhan dan anti-semit.

3. Cile



Cile juga mengikuti jejak Kolombia. Mengutip The Guardian, Presiden Gabriel Boric mengumumkan pihaknya telah memanggil pulang duta besarnya di Israel sementara waktu.

Tujuannya adalah membahas isu pelanggaran hukum kemanusiaan yang dilakukan Israel terhadap warga Palestina. Lebih jauh, Boric juga menyerukan gencatan senjata segera demi menghindari bertambahnya korban jiwa.

4. Turki

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More