Usai Jet Tempur Siluman Su-57, Kim Jong-un Sambangi Trio Bomber Nuklir Rusia

Sabtu, 16 September 2023 - 12:26 WIB
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un diajak tur ke situs-situs militer Rusia dan diperlihatkan tiga pesawat pengebom nuklir strategis Rusia. Foto/Kementerian Pertahanan Rusia via REUTERS
MOSKOW - Kim Jong-un, pemimpin Korea Utara (Korut), telah diperlihatkan tiga pesawat pengebom (bomber) nuklir strategis Angkatan Udara Rusia di lapangan terbang Knevichi di Primorye, Sabtu (16/9/2023).

Kunjungan pemimpin Korut ke lapangan terbang Knevichi tersebut dilaporkan Sputnik. Trio bomber nuklir yang dilihat Kim Jong-un adalah pesawat Tu-160, Tu-95MS, dan Tu-22M3.

Laporan lain dari Al Jazeera menyebutkan Kim Jong-un bahkan diperlihatkan rudal hipersonik Kinzhal, salah satu senjata andalan Rusia dalam perangnya di Ukraina.

Tur terbaru pemimpin negara komunis ini dilakukan sehari setelah dia mengambil kesempatan mengunjungi kota Komsomolsk-on-Amur di Rusia dan memeriksa pesawat-pesawat andalan Rusia termasuk jet tempur Su-35 dan jet tempur siluman Su-57.





Mendampingi Kim Jong-un saat tur ke Komsomolsk-on-Amur, Wakil Perdana Menteri Rusia Denis Manturov mencatat bahwa Moskow melihat potensi kerja sama antara kedua negara dalam berbagai topik, termasuk pembuatan pesawat terbang.

Sebelumnya, Kim Jong-un ditemani Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu tur ke Vladivostok dengan kapal fregat Armada Pasifik Marshal Shaposhnikov.

Kapal yang dibangun pada pertengahan tahun 1980-an ini telah dimodernisasi dan dilengkapi dengan persenjataan terbaik. Nama fregat ini diambil dari seorang marsekal ternama Uni Soviet; Borish Shaposhnikov.

Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan waswas dengan kembalinya persahabatan Moskow dengan Pyongyang yang mereka khawatirkan dapat memberi Kim Jong-un akses terhadap beberapa rudal sensitif Rusia dan teknologi lainnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More