Lebih Cocok dengan Perang Ukraina, Berikut 5 Alasan Swedia Kirim Gripen ke Ukraina

Rabu, 13 September 2023 - 05:15 WIB
Jet tempur Gripen dianggap lebih cocok dan sesuai dengan karakteristik wilayah Ukraina. Foto/Reuters
KYIV - Swedia sedang mempertimbangkan kemungkinan mengirim jet tempur Gripen ke Ukraina . Hal itu seiring dengan upaya Ukraina untuk terus mendorong pengiriman pesawat canggih dan pelatihan dari AS dan mitranya di Eropa.

Jet tempur buatan Barat telah lama menduduki daftar keinginan Ukraina untuk mendapatkan persenjataan yang diyakini akan membantu negara itu melawan pasukan Rusia yang menyerang.

Berikut 5 alasan Swedia akan mengirimkan Gripen ke Ukraina.

1. Lebih Tangguh Dibandingkan F16



Foto/Reuters

Meskipun F-16 buatan Amerika mendapat banyak perhatian, para pejabat di Kyiv juga mengincar JAS 39 Gripen, sebuah pesawat tangguh dan berkemampuan tinggi yang dapat memberikan angkatan udara mereka – yang saat ini terdiri dari pesawat tempur era Soviet – sebuah kekuatan. dorongan yang sangat dibutuhkan di langit.



"Pemerintah Swedia berencana meminta militer negaranya untuk mempertimbangkan kemungkinan pengiriman Gripen ke Ukraina," demikian dilaporkan radio publik Swedia. Investigasi ini akan menyelidiki bagaimana pemindahan jet tempur ini dapat mempengaruhi kesiapan pertahanan negara tersebut dan seberapa cepat jet tempur baru dapat dibuat untuk menggantikan jet tempur yang dikirim ke Kyiv.

Bahkan jika Stockholm setuju untuk mengirim jet tempur Gripen ke Ukraina, karena perlu waktu untuk mempertimbangkan transfer tersebut terlebih dahulu dan kemudian melatih pilot Ukraina, jet tempur tersebut kemungkinan baru akan memiliki pengalaman tempur paling cepat pada pertengahan tahun 2024. Pemerintah Swedia tidak segera menanggapi permintaan komentar Insider mengenai masalah ini.



2. Diproduksi Tanpa Bantuan NATO

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More