6 Negara Pemilik Kapal Selam Nuklir Mengerikan, Dua Teratas Rival Bebuyutan

Selasa, 12 September 2023 - 16:32 WIB
Sejumlah negara di dunia memiliki kapal selam nuklir yang mengerikan. Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Ada sedikitnya enam negara pemilik kapal selam nuklir yang bisa diketahui saat ini. Dari sekian nama, ada Amerika Serikat dan Rusia yang telah dikenal sebagai rival bebuyutan.

Melihat sejarah, negara-negara di dunia terus mengembangkan kekuatan militernya masing-masing. Berbagai cara mereka lakukan untuk memperkuat sektor militer, termasuk membekali pasukannya dengan persenjataan canggih.

Pada sekian banyak jenis persenjataan canggih, salah satu yang bisa disebutkan adalah kapal selam bertenaga nuklir. Sampai saat ini, tercatat hanya ada beberapa negara yang diketahui memilikinya. Siapa sajakah mereka?

Negara Pemilik Kapal Selam Nuklir

1. Amerika Serikat



Foto: Asia Times



Amerika Serikat menjadi salah satu negara dengan militer terkuat di dunia. Tak hanya memiliki tentara yang banyak, kekuatan tempurnya juga didukung berbagai persenjataan mumpuni dan mengerikan.

Bicara persenjataan, Amerika Serikat juga menjadi satu dari sedikit negara yang memiliki kapal selam nuklir. Mengutip Al Jazeera, Selasa (12/9/2023), International Institute for Strategic Studies (IISS) melaporkan bahwa AS memiliki lebih dari 60 kapal selam nuklir.

Per 2021, setidaknya memiliki sekitar 68 kapal selam operasional bertenaga nuklir. Dari jumlah tersebut, 14 di antaranya adalah kapal selam rudal balistik bertenaga nuklir strategis (SSBN). Namun, seiring waktu jumlah tersebut berpotensi terus meningkat dengan melihat peta pertumbuhan militer negara-negara rivalnya.

2. Rusia

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More