8 Keunggulan Kapal Selam Nomor 841 Kim Kun Ok, Tebar Ancaman ke Korea Selatan dan AS dengan Rudal Nuklir

Sabtu, 09 September 2023 - 20:30 WIB
Kapal selam Nomor 841 Kim Kun Ok menjadi andalan bagi Korea Utara. Foto/Reuters
PYONGYANG - Korea Utara telah meluncurkan kapal selam terbarunya, dan upacara tersebut dihadiri oleh pemimpin Kim Jong Un. Kapal selam dengan julukan Nomor 841 Kim Kun Ok merupakan kelas Sinpo-C adalah tambahan terbaru dan paling ampuh dalam persenjataan nuklir Korea Utara.

Upacara peluncuran tersebut dilakukan ketika Korea Utara akan memperingati 75 tahun berdirinya negara tersebut pada Sabtu (8/9/2023). Itu juga di tengah upaya Kim melakukan perjalanan ke Rusia bulan ini untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin guna membahas pasokan senjata ke Moskow.

Berikut adalah 8 keunggulan kapal selam Nomor 841 Kim Kun Ok.

1. Desain Khas Rusia dengan Mesin Diesel



Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, kapal ini merupakan desain Rusia yang dimodifikasi dan menggunakan mesin diesel yang pada gilirannya dapat mengisi serangkaian baterai, memungkinkan kapal selam bekerja tanpa suara saat dibutuhkan.



Penggerak diesel-listrik adalah teknologi yang sudah berusia puluhan tahun, namun Korea Utara telah mengubah desainnya secara radikal, memperluas layarnya dengan menyertakan beberapa tabung peluncuran rudal.

Kenapa Rusia? Korea Utara menyadari bahwa angkatan laut yang mempunyai kemampuan nuklir, terutama armada kapal selam yang mempunyai kemampuan nuklir, adalah cara yang ampuh untuk mengimbangi kelemahan strategis yang mungkin dimiliki negara tersebut.

Ada laporan bahwa ketika Presiden Vladimir Putin dan Kim Jong Un bertemu di Vladivostok, akan ada permintaan teknologi propulsi nuklir Rusia sebagai imbalan atas sejumlah besar amunisi dan senjata yang sangat dibutuhkan Putin untuk melanjutkan perangnya di Ukraina.

Semua tanda menunjukkan bahwa Korea Utara kini bermaksud memodernisasi dan memperluas armada kapal selam rudalnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More