4 Sosok Potensial Pengganti Prigozhin sebagai Bos Wagner

Rabu, 30 Agustus 2023 - 10:20 WIB
Bos tentara bayaran Wagner Group Yevgeny Prigozhin dinyatakan tewas dalam kecelakaan pesawat di Rusia. Ada empat sosok yang berpotensi sebagai penggantinya. Foto/REUTERS
MOSKOW - Rusia resmi mengonfirmasi bos tentara bayaran Wagner Group Yevgeny Prigozhin tewas dalam kecelakaan pesawat di Tver, Rabu pekan lalu. Ada empat pentolan Wagner yang berpotensi menjadi pengganti Prigozhin.



Wagner Group Rusia



Wagner Group adalah perusahaan militer swasta (PMC) yang berbasis di Rusia dan didanai oleh negara.

Kelompok tentara bayaran ini dikendalikan hingga tahun 2023 oleh Yevgeny Prigozhin, mantan sekutu dekat Presiden Rusia Vladimir Putin.





Wagner telah menggunakan infrastruktur Angkatan Bersenjata Rusia. Jumlah tentara bayaran Wagner diperkirakan mencapai 50.000 orang.

Berbagai bukti menunjukkan bahwa Wagner telah digunakan sebagai wakil oleh pemerintah Rusia, sehingga memungkinkan Kremlin untuk melakukan penyangkalan yang masuk akal atas operasi militer di luar negeri, dan menyembunyikan korban sebenarnya dari intervensi Rusia di negara lain.

Meskipun kelompok ini tidak didorong oleh ideologi, media-media Barat menyebut elemen Wagner terkait dengan neo-Nazisme dan ekstremisme sayap kanan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More