Profil Dmitry Utkin, Komandan Wagner Group yang Tewas Bersama Yevgeny Prigozhin

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 15:37 WIB
Dmitry Utkin merupakan komandan Wagner Group yang tewas bersama Yevgeny Prigozhin, dalam sebuah kecelakaan pesawat di dekat Moskow, Rusia. Foto/Financial Times
JAKARTA - Dmitry Utkin merupakan komandan Wagner Group yang tewas bersama Yevgeny Prigozhin , dalam sebuah kecelakaan pesawat di dekat Moskow, Rusia pada Rabu (23/8/2023).

Menurut otoritas penerbangan Rosaviatsia Rusia, Pesawat Embraer-135 (EBM-135BJ) yang ditumpangi Prigozhin terbang dari Moskow ke St Petersburg pada dengan tujuh penumpang dan tiga awak.

Lantas siapa sosok Dmitry Utkin? berikut ulasan mengenai profil Dmitry Utkin, komandan Wagner Group yang tewas bersama Yevgeny Prizgozhin:

Profil Dmitry Utkin



Dmitry Utkin sering digambarkan sebagai salah satu pendiri kelompok tentara bayaran meskipun peran sebenarnya masih diperdebatkan.



Dilansir dari laman ABC news, Dmitry Utkin bersama Prigozhin mendirikan kelompok Wagner pada tahun 2014. Utkin adalah seorang mantan anggota militer Rusia yang pernah menjabat sebagai letnan kolonel dan berpartisipasi dalam konflik di Chechnya.

Setelah bertugas di Angkatan Bersenjata Federasi Rusia hingga tahun 2013, ia bergabung dengan Korps Slavia dan terlibat dalam konflik saudara di Suriah selama beberapa bulan pada tahun yang sama.

Dia memiliki pandangan yang cukup fanatik terhadap Adolf Hitler, dan ia memberi nama kelompok Wagner sesuai dengan komposer favorit Hitler, yaitu Richard Wagner.

Utkin dan kelompok Wagner diduga terlibat dalam konflik Rusia di Krimea dan Donbas pada awal tahun 2014.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More