Ajak 100 Pelajar Lokal, KBRI Bangkok Gelar Upacara Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 06:51 WIB
Suasana upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI. Foto/KBRI Bangkok
BANGKOK - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bangkok pagi melaksanakan kegiatan Upacara Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia pada Kamis (17/8/2023). Upacara itu dihadiri lebih dari 600 peserta.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand merangkap UNESCAP, Rachmat Budiman dan Kolonel Laut (T) Arie Cahyo Nugroho, sebagai Komandan Upacara. Sementara itu, dua puluh tujuh pelajar Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) bertugas sebagai Pasukan Pengibar Bendera (PAKIBRA) KBRI Bangkok.



Foto/KBRI Bangkok

Melansir keterangan pers dari KBRI Bangkok, upacara diikuti oleh seluruh pejabat KBRI Bangkok, pegawai setempat, guru dan pelajar SIB, serta seluruh masyarakat dan Diaspora Indonesia di Thailand yang tergabung dalam berbagai simpul organisasi kemasyarakatan seperti Indonesia Diaspora Network Thailand (IDN), Indonesia-Thai Chamber of Commerce (INTCC), Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Thailand (PERMITHA), dan organisasi lainnya.



Turut hadir dalam upacara sejumlah tim official dari Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) yang saat ini sedang mendampingi Tim Nasional Basket Putri Indonesia untuk bertanding pada FIBA Asia Cup Divisi B di Bangkok. Selain dihadiri oleh WNI, terdapat juga unsur Warga Negara Thailand, yaitu satu pleton pasukan dan marching band dari Royal Thai Army yang mengiringi penaikan Bendera Merah Putih.

Upacara juga diikuti oleh sekitar 100 orang pelajar dari dua sekolah lokal di Bangkok yaitu Sanampueng dan Santichon, serta satu sekolah di Non Tha Buri, yaitu Thamislam. Sekitar 600 orang peserta memadati Lapangan Sepak Bola KBRI Bangkok.



Momen sakral peringatan Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus ditandai dengan bunyi sirine dan pemukulan gong yang menambah khidmat suasana. Upacara berlangsung dengan lancar, di bawah cuaca Bangkok yang cerah dengan temperatur 32 derajat Celsius. Cuaca yang cukup panas tidak menyurutkan semangat WNI untuk mengikuti upacara.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More