7 Negara Mayoritas Muslim yang Pernah Mengalami Kudeta Militer, Salah Satunya Mendapat Bantuan AS

Senin, 31 Juli 2023 - 10:59 WIB
Sejumlah negara mayoritas Muslim penah mengalami kudeta militer. Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Kudeta Militer pernah terjadi di sejumlah negara mayoritas muslim. Seperti namanya, kudeta atau penggulingan kekuasaan ini dilakukan oleh pihak militer.

Umumnya sekelompok masyarakat melakukan kudeta karena ketidakpuasan terhadap rezim yang tengah berkuasa. Kebobrokan pemerintah yang ditandai dengan banyaknya kecurangan dan korupsi kerap jadi penyebab utama terjadinya kudeta militer.

7 Negara Mayoritas Muslim yang Alami Kudeta Militer



Sedikitnya diketahui ada tujuh negara muslim yang pernah alami kudeta militer. Salah satunya mendapat bantuan dari Amerika Serikat.

1. Pakistan





Menurut laman US Department of State, 96 % penduduk Pakistan menurut survei pada tahun 2022 adalah pemeluk agama Islam baik itu Sunni atau Syiah.

Kudeta militer di Pakistan terjadi pada tahun 1977, dilakukan oleh mereka yang menyebut dirinya Operation Fair Play pimpinan Zia-ul-Haq demi menjatuhkan Zulfikar Ali Bhutto.

Hal tersebut terjadi karena pemilihan parlemen yang kontroversial. Tidak cukupo hanya digulingkan, Bhutto juga dieksekusi oleh Zia-ul-Haq sendiri pada tahun 1979.

2. Sudan

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More