5 Pertimbangan untuk Mengukur Kesuksesan Serangan Balasan Ukraina ke Rusia

Kamis, 15 Juni 2023 - 15:18 WIB
Serangan balasan Ukraina ke Rusia belum bisa dinilai sukses atau gagal. Foto/Reuters
KYIV - Setelah pertempuran sengit selama seminggu terakhir, ujian sesungguhnya dari serangan balasan Kyiv terbentang di depan. Setelah pasukan Ukraina memasuki wilayah pendudukan Rusia, mereka akan menghadapi perlawanan yang sebenarnya dari Rusia.

Analis militer Jack Watling dari think tank RUSI bahwa masih terlalu dini untuk mengatakan apakah serangan balasan Ukraina itu berhasil atau gagal. "Kita harus menahan diri dari pernyataan prematur tentang keberhasilan atau kegagalan," katanya.

Berikut adalah 5 pertimbangan untuk mengukur kesuksesan serangan balasan Ukraina ke Rusia.

1. Serangan Tahap Pertama Baru Dimulai



Foto/Reuters

Ukraina menyerang di dua wilayah di sepanjang garis depan di wilayah tenggara sejak pekan lalu. Itu menjadi fase utama dari operasi yang telah lama ditunggu-tunggu.



Sebanyak tujuh desa yang direbut kembali tetapi juga mengalami kerugian termasuk kendaraan tempur infanteri dan tank Barat.

"Di kedua sisi, banyak yang akan berkurang," kata Rob Lee, seorang rekan senior di Institut Riset Kebijakan Luar Negeri, dilansir Reuters. Dia menganalisis berdasarkan citra satelit dan foto.

"Risiko bagi mereka (Ukraina) adalah bahwa sebelum mereka mencapai garis pertahanan (Rusia) itu, mereka mengambil terlalu banyak gesekan dan akan terlalu sulit untuk menembus dan mengeksploitasinya," kata Lee.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More