4 Dampak Hancurnya Bendungan Kakhovka Ukraina, Salah Satunya Resiko Bencana Nuklir

Rabu, 07 Juni 2023 - 15:00 WIB
4 Dampak Hancurnya Bendungan Kakhovka Ukraina, Salah Satunya Resiko Bencana Nuklir. FOTO/Reuters
JAKARTA - Hancurnya Bendungan Kakhovka di Ukraina selatan disinyalir akan menimbulkan beberapa dampak seperti berkurangnya pasokan energi, makanan dan air, hingga meningkatkan resiko bencana nuklir.

Dilansir dari The Hill, terkait hancurnya Bendungan Nova Kakhovka ini Ukraina menuding Rusia yang telah meledakkannya untuk memulai serangan. Sementara Kremlin menyiratkan bahwa hancurnya bendungan di era Soviet itu disebabkan oleh serangan teroris.

Menindaki hancurnya bendungan di Ukraina ini, Amerika Serikat mulai melakukan penyelidikan untuk memantau dampak berkelanjutan yang akan ditimbulkan.



4 Dampak Hancurnya Bendungan Kakhovka Ukraina

1. Menghambat Serangan Ukraina dan Memperkuat Pertahanan Rusia



Runtuhnya bendungan pada 6 Juni 2023 ini dapat memperumit masalah, karena kemungkinan Sungai Dnipro serta jembatan yang berada di wilayah tersebut akan tergenang dan membuat pasukan Ukraina kesulitan dalam menyerang Rusia.

Mykhailo Podolyak, penasihat senior Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, mengatakan keruntuhan itu akan “menciptakan hambatan bagi tindakan ofensif Angkatan Bersenjata Ukraina.”

Hal tersebut secara tidak langsung menjadi keuntungan besar bagi pertahanan Moskow. Karena bencana besar ini tentulah akan jadi fokus utama Ukraina ketimbang melakukan serangan.

2. Kekurangan Pasokan Energi dan Air



Bendungan Nova Kakhovka telah lama digunakan sebagai pemasok stasiun pembangkit listrik tenaga air, beberapa sistem irigasi utama, pabrik industri seperti Zaporizhzhia, peternakan ikan air tawar, dan beberapa kanal besar di tenggara Ukraina.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More