7 Negara yang Memiliki Ibu Kota Lebih dari Satu, Nomor Terakhir Punya 3 Sekaligus

Kamis, 25 Mei 2023 - 18:47 WIB
Sejumlah negara tercatat memiliki ibu kota lebih dari satu. Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Secara umum, sebuah negara mungkin dikenal hanya memiliki satu ibu kota sebagai pusat pemerintahannya. Namun, ternyata ada sejumlah negara yang memiliki ibu kota lebih dari satu.

Terdapat sedikitnya tujuh negara yang memiliki ibu kota lebih dari satu. Dari sekian nama, salah satunya bahkan memiliki ibu kota tiga sekaligus.

Dalam hal ini, memiliki ibu kota lebih dari satu, alasannya beragam. Bisa karena aspek historis, proses perpindahan, pembagian kekuasaan, dan lain sebagainya. Lantas, negara mana sajakah yang memiliki ibu kota lebih dari satu?

Negara yang Memiliki Ibu Kota Lebih dari Satu

1. Bolivia



Bolivia merupakan sebuah negara yang terletak di Amerika Selatan. Negara ini berbatasan dengan Brasil di utara dan timur, Paraguay di tenggara, Argentina di selatan, Chili di barat daya, serta Peru di barat.



Mengutip laman World Atlas, Bolivia memiliki dua ibu kota. Keduanya masing-masing adalah La Paz dan Sucre.

La Paz menjadi ibu kota administratif sekaligus pusat pemerintahan Bolivia. Sementara Sucre menjadi ibu kota konstitusional dan yudisial.

2. Benin



Jarang dikenal, Benin merupakan negara di kawasan Afrika Barat. Wilayahnya berbatasan dengan Togo di barat, Nigeria di timur, Burkina Faso di barat laut, serta Niger di timur laut.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More