Perbandingan Kekuatan Militer China vs India, Dua Negara dengan Populasi Terbanyak di Dunia

Jum'at, 19 Mei 2023 - 17:30 WIB
Perbandingan Kekuatan Militer China vs India, Dua Negara dengan Populasi Terbanyak di Dunia. FOTO/PTI
JAKARTA - China dan India menjadi dua negara yang punya populasi terbanyak di dunia. Bahkan baru-baru ini India diperkirakan akan menggusur Tiongkok sebagai negara dengan populasi terbanyak.

Dilansir dari United Nations, pada tahun 2023 populasi india diperkirakan akan mencapai lebih dari 1,429 miliar mengungguli China yang diprediksi hanya akan memiliki 1,426 miliar jiwa.

Selain memiliki jumlah populasi terbanyak, kedua negara ini belakangan juga diberitakan tengah memperkuat kekuatan militer mereka. Perbandingan kekuatan militer antara China dan India ini dikeluarkan oleh Global Fire Power pada tahun 2023.

Perbandingan Kekuatan Militer China vs India

1. Peringkat dan Jumlah Tentara



Dari segi peringkat, Kedua negara ini cukup bersaing ketat dimana China berada di posisi ke-3 sedangkan India bercongkol di urutan ke-4.



Sebagai negara yang punya populasi terbanyak, membuat dua negara ini memiliki banyak pasukan. China disini lebih unggul dengan mempunya 624,869,113 prajurit, sedangkan India hanya memiliki 515,555,492 personil.

Berdasar pengeluaran dana untuk kedua negara, China memiliki total budget yang jauh lebih besar dengan USD 230 miliar, ketimbang India yang hanya USD 54,2 miliar saja.

2. Kekuatan Angkatan Udara



Menilik dari jumlah pesawat tempur yang dimiliki kedua negara ini, Negeri Panda punya 1,199 unit. Jumlah tersebut hampir mencapai setengahnya milik India yang hanya punya 577 unit.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More