4 Suku dengan Populasi Terbanyak di Thailand, Rata-rata asal China

Kamis, 18 Mei 2023 - 14:40 WIB
Ada empat suku dengan populasi terbanyak di Thailand, salah satunya Suku Thailand Asli atau dikenal sebagai orang Siam. Foto/Thomson Reuters Foundation/Rina Chandran
JAKARTA - Seperti halnya Indonesia, Thailand juga ternyata memiliki keanekaragaman suku dan bahasa. Dengan demikian, negara itu memiliki banyak budaya yang dibentuk dari berbagai pengaruh.

Bahasa Thailand sendiri merupakan hasil dari campuran beberapa bahasa seperti Pali, Sanskerta, China, dan Khmer Kuno. Dalam penerapannya, keempat bahasa tersebut digunakan dalam konteks yang berbeda.

Adanya keanekaragaman bahasa tersebut dipengaruhi oleh banyaknya suku yang ada di negara itu. Meski memiliki memengaruhi budaya di sana, ternyata suku-suku di Thailand memiliki jumlah yang berbeda.







4 Suku Thailand dengan Populasi Terbanyak

1. Suku Thailand Asli



Orang Thailand atau yang dikenal dengan sebagai orang siam merupakan kelompok atau suku terbesar yang ada di negara tersebut. Mereka telah tersebar di beberapa wilayah seperti Thailand tengah, selatan, dan utara, serta Isaan.

Para peneliti telah menunjukan jika suku yang satu ini ternyata berasal dari Provinsi Guangxi di China yang bermigrasi melalui jalur selatan karena adanya tekanan politik di negaranya. Kemudian mereka menetap di lembah Chao Phraya dan bertemu kekaisaran Khmer.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More