Tips Merayakan Idulfitri di Arab Saudi

Rabu, 19 April 2023 - 09:26 WIB
Ada beberapa tips merayakan Idulfitri di Arab Saudi, khusunya bagi ekspatriat atau pun wisatawan. Foto/Twitter @GEA_SA/via Arab News
JAKARTA - Bulan suci Ramadan tahun ini segera berakhir, dan umat Islam di seluruh dunia bersiap merayakan Idulfitri atau Lebaran . Hari pertama Idulfitri atau 1 Syawal di Arab Saudi diperkirakan jatuh pada Jumat (21/4/2023) dan otoritas setempat meminta umat Islam di sana melihat hilal pada Kamis petang.

Idulfitri merupakan hari raya keagamaan penting dalam agama Islam. Terjemahan literalnya adalah “festival mengakhiri puasa” dan Idulfitri menjadi sebuah perayaan yang menandai akhir dari bulan Ramadan.



Tips Merayakan Idul Fitri di Arab Saudi



Menurut para ekspatriat di Arab Saudi, perayaan Idulfitri di Arab Saudi tidak jauh berbeda dengan perayaan di Indonesia. Berikut tips merayakan Lebaran di kerajaan tersebut, sebagaimana dikutip dari expatwoman:





1. Melakukan Ritual Ghusl



Pada hari pertama Idulfitri, umat Islam akan melakukan ritual pembersihan tubuh yang dikenal sebagai "Ghusl" di pagi hari.

Setelah itu, umat Islam mengenakan pakaian baru atau pakaian terbaik mereka dan pergi ke lokasi luar ruangan yang besar atau masjid untuk melakukan salat Idulfitri. Rangkaian ibadah tersebut mencakup salat Id berjamaah, khotbah, dan berdoa.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More