Eks Legislator dan Mantan Laksamana Taiwan Didakwa Jadi Mata-mata China

Minggu, 19 Maret 2023 - 10:48 WIB
Eks legislator dan mantan laksaman Taiwan didakwa jadi mata-mata China. Foto/Ilustrasi/Sindonews
TAIPEI - Taiwan mendakwa dua mantan pejabat negara itu melanggar undang-undang keamanan nasional dengan mengatur pertemuan antara mantan perwira militer senior dan personel intelijen China .

Pertemuan itu diduga memungkinkan orang China untuk menghubungi dan bahkan merekrut mantan perwira militer ke jaringan mereka.

Jaksa mengatakan pasangan itu mengatur 13 perjalanan gratis ke China daratan untuk 48 mantan perwira dari 2013 hingga 2018.

Sebelumnya, kedua membantah bahwa mereka merekrut mata-mata untuk China.

"Pertemuan tersebut juga mempromosikan penyatuan China dengan Taiwan," kata jaksa penuntut seperti dikutip dari BBC, Minggu (19/3/2023).





Pensiunan laksamana Hsia Fu-hsiang dan mantan anggota parlemen Lo Chih-ming menghadapi hukuman lima tahun penjara jika terbukti bersalah.

Beijing dan Taipei telah memata-matai satu sama lain sejak berakhirnya perang saudara pada tahun 1949 yang membuat Partai Komunis menguasai daratan sementara kaum nasionalis menetap di pulau Taiwan.

Jaksa mengatakan Hsia dan Lo telah terlibat dengan organisasi China yang mengadvokasi unifikasi sejak 2013. Kedua pria tersebut telah ditahan sejak Januari.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More