Pedas, Victor Orban: Eropa Membutuhkan NATO Baru Tanpa AS

Jum'at, 03 Maret 2023 - 21:15 WIB
Perdana Menteri Hongaria Victor Urban. Foto/Politico
BUDAPEST - Eropa membutuhkan blok militernya sendiri yang bebas dari pengaruh Amerika Serikat (AS). Hal itu diungkapkan Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban kepada majalah Swiss Weltwoche.

Politisi Hongaria tersebut menuduh AS menyeret Eropa ke dalam konflik yang tidak dapat dimenangkan dan mempertaruhkan perang global.

“Solusinya adalah NATO Eropa,” cetus Orban, dengan alasan bahwa keinginan Amerika untuk memperluas pengaruhnya lebih lanjut adalah yang menyebabkan ketegangan saat ini antara Barat dan Rusia seperti dikutip dari RT, Jumat (3/3/2023).



Dikatakan oleh Orban, Moskow prihatin dengan NATO yang memperluas lebih jauh ke timur ke Ukraina dan Georgia. Ia merujuk pada percakapannya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin hanya beberapa minggu sebelum konflik antara Moskow dan Kiev meletus pada akhir Februari 2022 lalu.



“Putin mengatakan kepada saya masalahnya adalah dengan pangkalan rudal Amerika di Polandia dan Rumania dan kemungkinan perluasan NATO di Ukraina dan Georgia,” ungkap Orban kepada media Swiss.

Ia mencatat bahwa pemimpin Rusia khawatir tentang kemungkinan AS mengerahkan senjatanya ke negara-negara ini juga.

Menurut PM Hongaria, itu adalah salah satu alasan yang mendasari konflik di Ukraina.

“Saya mengerti apa yang dikatakan Putin. Saya tidak menerima apa yang dia lakukan,” jelas Orban.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More