Inilah Kekuatan Militer Ukraina dan AS Jika Membangun Koalisi

Selasa, 28 Februari 2023 - 16:01 WIB
Seorang tentara Angkatan Darat Ukraina memberikan pengamanan setelah menuruni tali dari helikopter Mi-8 Ukraina sebagai bagian dari Rapid Trident 2021 di Pusat Pelatihan Tempur-Yavoriv dekat Yavoriv, Ukraina, 21 September 2021. Foto/Spc Preston Hammon
KIEV - Apa jadinya bila kekuatan militer Ukraina dan Amerika Serikat (AS) digabungkan? Tentunya akan menciptakan suatu koalisi yang sangat menguntungkan bagi Kiev, mengingat Negeri Paman Sam punya kekuatan militer mumpuni.

Menurut Global Fire Power, Amerika Serikat menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan militer terkuat, disusul Rusia yang berada di posisi kedua.

Sedangkan Ukraina hanya menempati posisi ke-15 dalam ranking tersebut. Ini sebenarnya bukan hal yang mengejutkan, melihat bagaimana Kiev sekarang yang benar benar kerepotan untuk menghadapi perlawanan Moskow dan membutuhkan bantuan persenjataan dan armada dari negara lain termasuk AS.



Bila Ukraina berhasil berkoalisi dengan sang negara adidaya seperti AS maka kekuatan militernya akan menjadi sebagai berikut:

1. Jumlah Tentara

Jumlah tentara Ukraina diperkirakan sebesar 22.199.349 orang akan ditambah dengan banyaknya jumlah tentara yang dimiliki AS yang mencapai 148.430.460 personil.

Sehingga total tentara militer Ukraina AS bila digabungkan akan berjumlah sekitar 170.629.809 orang.

2. Angkatan Udara

Untuk armada tempur angkatan udara Ukraina hanya memiliki 69 pesawat. Bila digabung dengan jumlah pesawat milik AS tentunya akan jadi berkali lipat.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More