Pakar Militer: Rudal Nuklir Sarmat Rusia Ancaman bagi Yellowstone yang Ditakuti AS

Sabtu, 25 Februari 2023 - 10:39 WIB
Rudal balistik antarbenua RS-28 Sarmat yang menjadi ancaman bagi Yellowstone, gunung berapi raksasa yang paling ditakuti di Amerika Serikat. Foto/Kementerian Pertahanan Rusia via REUTERS
MOSKOW - Pakar militer Rusia , Vladimir Solovyov, mengeklaim rudal balistik antarbenua (ICBM) RS-28 Sarmat berhulu ledak nuklir bisa saja menargetkan Yellowstone, gunung berapi raksasa yang paling ditakuti di wilayah Amerika Serikat (AS) .

Klaim itu disampaikan menjelang peringatan setahun invasi Rusia ke Ukraina, ketika Amerika Serikat terus memberikan dukungan militer untuk Kiev.

Solovyov dan mengklaim bahwa rudal Sarmat mampu mencapai daratan Amerika Serikat.

ICBM RS-28 Sarmat, oleh NATO dinamai Setan II, adalah rudal berukuran panjang 35,5 meter untuk membawa banyak hulu ledak nuklir ke target musuh.





Senjata menakutkan ini sudah diresmikan, namun belum dikerahkan oleh militer Rusia. Presiden Rusia Vladimir Putin dalam pidato terbarunya mengatakan rudal raksasa tersebut akan dikerahkan tahun ini.

"Sarmat adalah senjata khusus yang dapat mengirimkan hulu ledak nuklir dalam jumlah besar sekaligus," kata Solovyov.

“Tidak mungkin membangun sistem pertahanan yang menyeluruh, yang berarti Amerika Serikat rentan, itu poin pertama," ujarnya, seperti dikutip dari Daily Star, Sabtu (25/2/2023).

“Dan poin kedua adalah bahwa Sarmat menjadi ancaman bagi fasilitas yang paling ditakuti di wilayah AS, gunung berapi Yellowstone.”
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More