Zelensky: Rusia Ingin Balas Dendam, Sedang Siapkan Serangan Besar

Sabtu, 04 Februari 2023 - 07:38 WIB
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sebut Rusia ingin balas dendam atas kegagalan perangnya di beberapa wilayah dan sedang mempersiapkan serangan besar. Foto/REUTERS
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengeklaim bahwa Rusia ingin balas dendam dan sedang mempersiapkan serangan besar pada akhir Februari atau awal musim semi.

Berbicara setelah pertemuan dengan pejabat Uni Eropa yang berkunjung ke Kiev pada hari Jumat, Zelensky mengatakan bahwa Ukraina sudah mempersiapkan diri untuk "pukulan" Rusia tersebut.

“Kami pikir akan ada peningkatan tekanan di timur,” kata Zelensky.

“Rusia ingin balas dendam di tempat yang sebelumnya gagal. Ia ingin mengambil timur,” imbuh presiden Ukraina itu, mengacu pada wilayah timur Kharkiv di mana pasukan Ukraina unggul pada musim gugur.





“Misi kami adalah untuk mencegah itu dan menahan mereka sampai pasukan kami dilengkapi dengan senjata yang memadai. Saya pikir kita memiliki setiap kesempatan untuk itu,” papar Zelensky, seperti dikutip dari Kyiv Post, Sabtu (4/2/2023).

Amerika Serikat (AS) dan sekutunya telah menjanjikan tank tempur utama ke Kiev, seperti M1 Abrams Amerika, Challenger Inggris, dan Leopard 2 Jerman, tetapi mengatakan pengiriman tank-tank tempur itu akan memakan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

Zelensky mengatakan warga Ukraina perlu mengingat motivasi dan semangat sejak awal konflik. Dia mencatat bahwa warga dari beberapa bagian negara merasa seperti sedang “berlibur” alih-alih berperang.

Ditanya tentang kota Artyomovsk yang diperangi—disebut Bakhmut oleh Ukraina—, Zelensky bersikeras bahwa militer Ukraina tidak berniat untuk mundur.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More