#BukanBeritaBiasa
home timur tengah

Erdogan Jadikan Hagia Sophia Masjid, Kelompok Israel Bakar Bendera Turki

Selasa, 14 Juli 2020 - 17:18 WIB
Bendera nasional Turki dibakar sekelompok orang Israel di depan Konsulat Turki di Yerusalem, Senin (13/7/2020). Foto/Yeni Safak
Sekelompok warga Israel mengibarkan bendera Yunani dan membakar bendera Turki di depan Konsulat Turki di Yerusalem pada hari Senin. Aksi bakar bendera ini sebagai protes atas langkah Presiden Recep Tayyip Erdogan yang mengubah Hagia Sophia dari museum kembali menjadi masjid.

Sembilan orang Israel yang mengatasnamakan diri sebagai "Jerusalem Initiative" memprotes langkah Turki yang mereka sebut provokatif, yakni mengubah Hagia Sophia yang dibangun oleh Kekaisaran Bizantium kembali menjadi masjid.



Jerusalem Initiative terdiri dari orang-orang Kristen dan Yahudi dan termasuk setidaknya satu orang dari tentara Israel. Demikian disampaikan ketua kelompok tersebut, Elias Zarina.

Zarina, yang berbicara kepada media pemerintah Turki; Anadolu Agency, juga meminta Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk mendukung dan melindungi orang Kristen di seluruh dunia. (Baca: Balas Turki, Yunani Ancam Jadikan Rumah Ataturk Museum Genosida )

Kelompok kecil itu tidak hanya mengibarkan bendera Yunani dan Kekaisaran Bizantium. Mereka juga menggantung spanduk dengan slogan-slogan anti-Turki di luar konsulat dan membakar bendera Turki. Aksi itu memicu polisi untuk menangkap orang-orang tersebut.

Sementara itu, kelompok Hamas Palestina menyampaikan ucapan selamat kepada Turki atas keputusannya yang mengubah Hagia Sophia kembali menjadi masjid.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Saksikan juga video pilihan berikut :
Topik Terkait :
hagia sophia masjid turki erdogan israel
Berita Terkait
Baca Juga
berita lainnya