Rusia Luncurkan Tank Terkuat di Dunia T-14

Selasa, 05 Mei 2015 - 11:51 WIB
Rusia Luncurkan Tank Terkuat di Dunia T-14
Rusia Luncurkan Tank Terkuat di Dunia T-14
A A A
MOSKOW - Kementerian Pertahanan Rusia untuk pertama kalinya meluncurkan tank tempur Armata T-14. Foto-foto tank yang diklaim sebagai tank terkuat di dunia itu secara resmi dipublikasikan di situs kementerian tersebut menjelang parade Hari Kemenangan (Victory Day) di Moskow.

Gambar tank tempur T-14 sebelumnya pernah dilansir media Rusia namun masih dalam kondisi terbungkus. Sedangkan foto di situs Kementerian Pertahanan Rusia, semalam (4/5/2015) secara lengkap diterbitkan foto tank tersebut serta beberapa kendaraan lapis baja terbaru lainnya.

Tak hanya foto bentuk tank tempur T-14, situs itu juga memberikan deskripsi singkat dan siapa saja diperbolehkan mengunduh informasi itu.

Tank Armata terbaru itu akan ambil bagian dalam parade Victory Day di Moskow pada tanggal 9 Mei 2015, parade itu untuk menandai 70 tahun kemenangan Uni Soviet (nama Rusia sebelumnya) atas Nazi Jerman. Sebanyak 194 kendaraan lapis baja dan 134 pesawat tempur akan berpartisipasi dalam acara tersebut.

Kementerian itu pernah mengklaim tak tempur T-14 sebagai tank terkuat di dunia pada saat ini. Sejumlah laporan sebelumnya juga sempat mengulas tank tempur terbaru Rusia ini. Salah satunya IHS Jane, yang menulis; ”Kendaraan baru terutama yang didesain bersih dan mewakili perubahan terbesar dalam keluarga kendaraan tempur lapis baja Rusia sejak tahun 1960-an dan 1970-an.”

Tank tempur T-14 diketahui dipersenjatai dengan meriam smoothbore 125 mm yang dapat menembakkan amunisi bertenaga tinggi, termasuk membuang proyektil, peluru kendali, dan jenis-jenis amunisi lain. Tenaga dari moncong meriam tank itu lebih besar daripada meriam pada tank Leopard Jerman.

Sedangkan menurut US Foreign Military Studies Office (FSMO), tank tempur T-14 dapat mempertahankan diri dari serangan apapun. Bahkan helikopter Apache yang paling modern tidak akan memiliki kesempatan 100 persen untuk menghancurkan tank itu dengan rudal.

Cara kerja amunisi otomatis untuk membidik target pada tank tempur T-14 telah menggunakan sistem komputerisasi. Meskipun semua senjata dan teknologi telah dirancang dengan sistem komputerisasi, tank Rusia ini hanya perlu dua prajurit untuk mengoperasikannya. Tank T-14, telah disiapkan Rusia untuk menjalani uji coba pada tahun 2016.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6584 seconds (0.1#10.140)