Dikuntit Kapal Induk AS, Kapal Iran Hengkang dari Yaman

Jum'at, 24 April 2015 - 09:01 WIB
Dikuntit Kapal Induk AS, Kapal Iran Hengkang dari Yaman
Dikuntit Kapal Induk AS, Kapal Iran Hengkang dari Yaman
A A A
SANAA - Kapal-kapal bersenjata Iran hengkang dari wilayah perairan Yaman setelah dikuntit kapal induk dan beberapa kapal perang Amerika Serikat.

Kapal-kapal bersenjata Iran yang dicurigai akan memasok senjata kepada pemberontak Houthi di Yaman telah berbalik arah menuju utara dan meninggalkan kawasan Yaman.Laporan hengkangnya kapal-kapal Iran dari wilayah Yaman itu disampaikan seorang pejabat Pentagon.

Kapal induk AS yang menguntit pergerakan kapal-kapal bersejata Iran adalah kapal USS Theodore Roosevelt. “Konvosi sembilan kapal Iran tidak lagi di lapangan yang sama, dan sekarang ke arah selatan dari Salalah, Oman,” kata pejabat Pentagon yang berbicara tanpa menyebut nama.

“Armada (Iran) itu termasuk dua kapal bersenjata,” lanjut pejabat Pentagon tersebut, seperti dilansir AFP, Jumat (24/4/2015).”Mungkin Iran bisa membuat giliran masuk ke Yaman setiap saat.”

Kelompok Houthi di Yaman kini tidak bisa leluasa menerima pasokan senjata dari luar setelah Dewan Keamanan PBB awal bulan ini menjatuhkan embargo senjata kepada mereka. Kelompok ini memusuhi pasukan presiden sah Yaman, Abed Rabbo Mansour Hadi yang kini mencari perlindungan di Arab Saudi.

Kapal Induk USS Thedore Roosevelt membawa sekitar 5.000 awak dan sekitar 60 pesawat. Namun, sejauh ini kapal induk AS itu hanya memantau situasi di perairan Yaman, terutama pergerakan kapal-kapal bersenjata Iran.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7465 seconds (0.1#10.140)