China Peringatkan Oposisi Taiwan Jangan Serukan Merdeka

Kamis, 16 April 2015 - 13:57 WIB
China Peringatkan Oposisi Taiwan Jangan Serukan Merdeka
China Peringatkan Oposisi Taiwan Jangan Serukan Merdeka
A A A
TAIPEI - Pemerintah China memperingatkan kubu oposisi utama di Taiwan yakni Partai Progresif Demokratik (DPP) untuk tidak menyerukan kemerdekaan bagi Taiwan. Peringatan itu muncul setelah Ketua DPP, Tsai Ing-wen mendeklarasikan diri sebagai Calon Presiden (Capres) Taiwan tahun depan.

Pihak Kantor Urusan China di Taiwan, menyatakan bahwa inti dari menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan adalah dengan menentang kemerdekaan Taiwan.

“Jika (DPP) menjunjung tinggi kemerdekaan Taiwan, maka akan sulit untuk menemukan jalan keluar bagi hubungan lintas-selat,” kata juru bicara kantor itu, Ma Xiaoguang, pada konferensi pers reguler, Kamis (16/4/2015).

”Ini bukan pembicaraan baru; inilah yang terjadi antara tahun 2000 hingga 2008. Pertama, tidak perlu pergi jauh-jauh untuk mencari pelajaran,” ujar Ma, seperti dikutip Reuters.

Tokoh DPP, Chen Shui-bian telah membuat Beijing marah Beijing sepanjang waktu sejak dia jadi Presiden Taiwan tahun 2000 sampai 2008. China, kemudian menuduh dia berusaha untuk mendorong kemerdekaan Taiwan dan melemahkan warisan budaya China.

China sampai saat ini menganggap Taiwan sebagai provinsinya yang membangkang. China telah mengancam akan memberlakukan tindakan keras untuk mengendalikan Taiwan.

Sebelumnya, Tsai mengatakan, bahwa perkembangan hubungan lintas-selat harus tunduk pada kehendak rakyat Taiwan dan tidak bisa dilakukan sebagai negosiasi antar-partai. ”Prinsip dasar partai kami dalam hubungan lintas-selat adalah untuk mempertahankan status quo,” kata Tsai.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6772 seconds (0.1#10.140)