Patung Snowden Mendadak Muncul di Taman New York

Selasa, 07 April 2015 - 17:50 WIB
Patung Snowden Mendadak Muncul di Taman New York
Patung Snowden Mendadak Muncul di Taman New York
A A A
NEW YORK - Sebuah patung perunggu dengan tinggi sekitar 1,2 meter mendadak muncul di sebuah taman di New York, Amerika Serikat (AS). Itu bukanlah patung sembarangan, melainkan patung mantan kontraktor NSA, Edward Snowden yang saat ini menjadi buruan aparat AS.

Menurut Aninal New York, seperti dilansir Channel News Asia pada Selasa (7/4/2015), patung itu dibuat oleh para seniman bawah tanah New York, yang bekerjasama dengan pematung perunggu asal Pantai Barat kota tersebut.

Ide pembuatan itu, menurut Aninal New York datang karena para seninam yang tidak disebutkan namanya tersebut sangat bersimpati pada pria yang berada di bawah perlindungan Rusia itu. "Patung ini adalah bentuk penghormatan kami," ucap seorang seniman,

"Tujuan kami adalah untuk menciptakan vitalitas baru dalam ruangan publik, dan berharap para pengunjung untuk merenungkan pengorbanan yang dilakukannya (Snowden) untuk kebebasan mereka," imbuhnya.

Patung itu sendiri tidak bertahan lama, karena pihak kepolisian setempat langsung mengahancurkan patung tersebut. Kepolisian New York juga dilaporkan telah menangkap para seninam yang diduga pembuat patung Snowden, dan saat ini para seniman itu tengah dalam proses pemeriksaan.

Menurut polisi setempat, ditempatkan patung Snowde di taman tersebut adalah sebuah penghinaan bagi tokoh AS lainnya yang patungnya turut dipajang di taman itu.

“Ini akan menjadi aib bagi para pejuang yang diabadikan di sini. Sebab, Edward Snowden telah melanggar program pengawasan NSA,” ucap seorang petugas kepolisian.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5392 seconds (0.1#10.140)