Gempa Besar Guncang PNG, Peringatan Tsunami Muncul

Senin, 30 Maret 2015 - 09:07 WIB
Gempa Besar Guncang PNG, Peringatan Tsunami Muncul
Gempa Besar Guncang PNG, Peringatan Tsunami Muncul
A A A
RABAUL - Gempa bumi besar berkekuatan 7,7 Skala Richter (SR) mengguncang lepas pantai Papua Nugini (PNG), Senin (30/3/2015). Survei Geologi Amerika Serikat (USSGS) telah mengeluarkan peringatan tsunami.

Menurut USGS, pusat gempa berada di dekat Kota Rabaul, timur laut Papua Nugini. Pusat Peringatan Tsunami di Hawaii menyatakan, bahaya gelombang tsunami mungkin terjadi di pantai yang terletak di wilayah yang berjarak 1.000 Km dari pusat gempa. Selain itu, Kepulauan Solomon juga diperingatkan bahaya tsunami.

Pusat Peringatan Tsunami di Hawaii menambahkan, bahwa gelombang tsunami mungkin bisa mencapai ketinggian satu hingga tiga meter di beberapa pantai di Papua Nugini. Namun, tsunami yang diprediksi akan muncul itu diharapkan tidak memicu kerusakan.

”Orang yang terletak di wilayah pesisir terancam, dan harus waspada. Ikuti informasi dan instruksi dari pemerintah nasional dan pemerintah daerah,” bunyi pernyataan Pusat Peringatan Tsunami di Hawaii, seperti dilansir Reuters.

Kota Rabaul adalah sebuah kota di timur New Britain Island. Di dekat kota itu terdapat Gunung Tavurvur, sebuah gunung berapi aktif. Kota Rabaul pernah hancur pada tahun 1994 akibat terkena letusan gunung berapi itu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5790 seconds (0.1#10.140)