Pamer ke Putin, AS Kirim 120 Kendaraan Tempur ke Latvia

Selasa, 10 Maret 2015 - 10:43 WIB
Pamer ke Putin, AS Kirim...
Pamer ke Putin, AS Kirim 120 Kendaraan Tempur ke Latvia
A A A
RIGA - Amerika Serikat (AS) dan NATO telah pamer kekuatan kepada Presiden Rusia, Vladimir Putin dengan mengirimkan 120 kendaraan tempur lapis baja, termasuk tank ke Latvia. AS mengklaim kehadiran ratusan kendaraan tempur lapis baja itu untuk mencegah agresi Rusia.

Menurut Kementerian Pertahanan Latvia, tank M1A2 Abrams dan tank M2A3 Bradley termasuk dari ratusan kendaraan lapis baja AS yang dikerahkan di Latvia. Menteri Pertahanan Latvia, Raymond Vejonis, menyambut pengerahan kendaraan tempur itu.

”Kehadiran sekutu kami (AS dan NATO) di Latvia adalah konfirmasi atas solidaritas dan keamanan di kawasan,” ujar Vejonis dalam sebuah pernyataan di Twitter.

Tank-tank tempur itu dikirim ke Riga, Latvia, dengan menggunakan kapal Liberty Promise pada hari Senin. Jenderal militer AS, John O'Conner, ikut menyaksikan pengiriman tank-tank tempur tersebut.

”Kemerdekaan harus diperjuangkan, kemerdekaan harus dipertahankan,” ujarnya seperti ditulis di akun Twitter Kedubes AS di Riga. Menurutnya, pengiriman ratusan kendaraan tempur lapis baja AS itu sebagai sinyal kuat NATO bagi Presiden Putin.

”Pengiriman ini menunjukkan tekad untuk Presiden Putin dan Rusia yang secara kolektif kita bisa datang bersama-sama,” kata O'Connor.” Mereka (ratusan kendaraan tempur) akan tinggal selama diperlukan untuk mencegah agresi Rusia,” katanya lagi, seperti dilansir Russia Today, kemarin (9/3/2015).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1120 seconds (0.1#10.140)