Jerman Yakin Konflik Ukraina Bisa Diselesaikan

Jum'at, 27 Februari 2015 - 18:12 WIB
Jerman Yakin Konflik...
Jerman Yakin Konflik Ukraina Bisa Diselesaikan
A A A
BERLIN - Menteri Luar Negeri Jerman, Frank Walter Steinmeir, menilai, mungkin hanya konflik Ukraina yang bisa diselesaikan dibandingkan konflik lainnya di dunia. Dirinya membandingkan konflik Ukraina dengan beberapa konflik di wilayah Timur Tengah dan Afrika.

"Ketika saya melihat dunia, dan melihat Suriah, Libya dan Irak, saya berpikir bahwa konflik Ukraina menjadi satu-satunya konflik yang bisa diselesaikan," ucap Steinmeir dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik, Jumat (27/2/2015).

Menurutnya, perkembangan di Ukraina lebih terlihat dibandingkan dengan konflik-konflik lain di seluruh dunia. Saat ini baik separatis pro-Rusia maupun Kiev memang sudah melakukan penarikan pasukan dan alat tempur dari wilayah konflik.

"Akhirnya, tampaknya kita telah memasuki sebuah periode yang relatif tenang, dan dengan kondisi seperti ini kita sepertinya sudah bisa memulai pembicaraan mengenai solusi politik di sana," Steinmeir.

Namun, walaupun senang dengan kondisi terbaru di Ukraina, Steinemeri menyebut penarikan mundur pasukan dan senjata bukanlah sebuah terobosan. Karena, hal itu sudah tercantum dalam perjanjian Minsk, dan hal semacam ini bukan pertama kali terjadi di Ukraina timur.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1261 seconds (0.1#10.140)