Israel Buka Bendungan, Gaza Dilanda Banjir Hebat

Senin, 23 Februari 2015 - 15:51 WIB
Israel Buka Bendungan, Gaza Dilanda Banjir Hebat
Israel Buka Bendungan, Gaza Dilanda Banjir Hebat
A A A
GAZA - Wilayah Jalur Gaza, Palestina, dilanda banjir hebat hampir tiga meter setelah Israel membuka beberapa bendungan. Puluhan rumah warga Palestina di Gaza terendam banjir, Senin (23/2/2015).

Bencana itu memaksa banyak warga Gaza mengungsi. Kementerian Dalam Negeri Palestina di Gaza, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu, bahwa pemerintah telah mengevakuasi banyak warga ke tempat penampungan di kamp al-Bureij dan kamp pengungsi di al-Zahra yang didanai badan PBB untuk Pengungsi UNRWA.

Kepala Badan Pertahanan Sipil di Gaza, Brigadir Jenderal Said Al-Arab kepada Al Jazeera mengkonfirmasi bencana yang melanda wilayah Gaza akibat tindakan Israel. ”Israel membuka bendungan air tanpa memberian peringatan tadi malam. Hal itu menyebabkan kerusakan serius pada desa-desa di Gaza di dekat perbatasan. Lebih dari 40 rumah terendam banjir dan 80 keluarga saat ini ada di tempat penampungan,” katanya.

Tak hanya membuat warga Gaza menderita, tindakan Israel yang membuka bendungan tanpa pemberitahuan itu juga merusak sektor pertanian dan peternakan di Gaza. “Kami mendesak organisasi hak asasi manusia lokal dan organisasi hak asasi internasional untuk campur tangan untuk mencegah tindakan lebih lanjut (Israel),” ujarnya.

Muhammad Al-Midana, juru bicara pertahanan sipil Gaza mengatakan, bahwa air yang mengalir datang dengan kecepatan tinggi dari perbatasan Israel yang memicu banjir besar. Gaza telah menderita sejak tahun 2007 akibat blokade Israel. Pemerintah Israel belum berkomentar atas kebijakannya yang memicu banjir besar di Gaza.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4927 seconds (0.1#10.140)