PM Ukraina: Tidak Pernah Ada Gencatan Senjata

Minggu, 22 Februari 2015 - 14:56 WIB
PM Ukraina: Tidak Pernah Ada Gencatan Senjata
PM Ukraina: Tidak Pernah Ada Gencatan Senjata
A A A
KIEV - Perdana Menteri Ukraina Arseniy Yatsenyuk menilai tidak pernah ada gencatan senjata di negaranya. Dalam pandangannya, gencatan senjata berarti tidak ada pertempuran, namun nyatanya hingga saat ini pertempuran masih terus terjadi di Ukraina timur.

Pernyataan Yatsenyuk ini muncul satu pekan paska pertemuan para pemimpin Eropa di Minsk, Belarusia, dimana dalam pertemuan itu tercapai perjanjian gencatan senjata di Ukraina. Menurut Yatsenyuk, gencatan senjata hanya muncul di bibir, tapi dalam praktiknya tidak pernah ada.

"Kalian tahu mengapa saya menyebut di Ukraina tidak pernah ada gencatan senjata?" tanya Yatsenyuk saat melakukan wawancara dengan media Amerika Serikat (AS), seperti dilansir Foxnews, Minggu (22/2/2015).

"Karena, dalam gencatan seharusnya tidak ada penembakan. Gencatan senjata berarti para teroris yang dibekingin oleh Rusia tidak sekalipun melakukan penyerangan, dan mereka tidak membunuh pasukan Ukraina serta warga sipil tidak bersalah," ucap Yatsenyuk.

Dalam kesempatan yang sama, dirinya juga melakukan bantahan terhadap pernyataan yang menyebut Ukraina saat ini sedang berada di ambang kehancuran, karena konflik yang terus terjadi. "Negara kami masih jauh dari kata hancur," tegasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5551 seconds (0.1#10.140)