Konflik Memanas, Ukraina Siaga Satu

Senin, 26 Januari 2015 - 20:45 WIB
Konflik Memanas, Ukraina Siaga Satu
Konflik Memanas, Ukraina Siaga Satu
A A A
KIEV - Pemerintah Ukraina memberlakukan status siaga satu pada seluruh wilayah, terutama di wilayah perbatasan Ukraina. Peningkatan status ini terjadi paska semakin meningkatnya tensi di wilayah Ukraina timur, dimana intensitas pertempuran terus meningkat setiap harinya.

Bahkan, Perdana Menteri Ukraina Arseny Yatseniuk menempatkan Lugansk dan Donteks ke dalam status darurat. Hal ini bisa dianggap wajar, karena dua wilayah itu merupakan pusat pertempuran antara pasukan Ukraina dan separatis pro-Rusia.

"Pemerintah telah memutuskan untuk memperkenalkan keadaan darurat di daerah Donetsk dan Lugansk dan menempatkan semuah wilayah di Ukraina ke dalam status siaga tinggi," ucap Yatseniuk, seperti dilansir Reuters, Senin (26/1/2015).

Genderang perang di Ukraina timur kembali ditabuh ketika terjadi pertempuran hebat di sekitar bandara Donetsk pada pekan lalu. Dalam pertempuran tersebut pasukan Ukraina akhirnya memutuskan untuk menarik diri, karena merasa wilayah tersebut sudah tidak bisa diselamatkan.

Suasana semakin meninggi ketika Kiev menuduh separatis melakukan serangan roket ke kota pelabuhan di Ukraina timur, Mariupol. 30 orang tewas dan setidaknya 102 orang menderita luka-luka akibat serangan tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5845 seconds (0.1#10.140)