Australia dan Brazil Hormatilah Hukum Indonesia

Sabtu, 17 Januari 2015 - 09:25 WIB
Australia dan Brazil Hormatilah Hukum Indonesia
Australia dan Brazil Hormatilah Hukum Indonesia
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia meminta Pemerintah Australia dan Brazil menghormati proses hukum di Indonesia.

Hal itu menyusul protes pihak Australia dan Brazil terkait rencana eksekusi warganya yang jadi terpidana mati kasus narkoba.

“Itu sudah keputusan hukum. Hormatilah hukum di Indonesia. Kita memahami reaksi protes seperti itu, dan sudah kewajiban setiap negara, entah itu Australia, Brazil atau negara mana pun untuk melindungi warganya di luar negeri,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Armanatha Christiawan Nasir, saat dihubungi Sindonews.com, Sabtu (17/1/2015).

Terkait proses hukum, kata dia, itu sudah ranah Kementerian Hukum dan HAM. Namun, pihak Kementerian Luar Negeri sudah menyampaikannya kepada kedutaan-kedutaan besar dari negara terkait soal keputusan hukum di Indonesia. (Baca: Australia akan Marah pada RI jika 2 Anggota Bali Nine Dieksekusi)

“Kita menegaskan, hukum ini tidak bertentangan dengan hukum internasional,” lanjut Armanatha, mengacu pada rencana eksekusi dua warga Australia dan dua warga Brazil.

Seperti diberitakan Sindonews.com sebelumnya, pemerintah Brazil memprotes rencana eksekusi dua warganya, Marco dan Rodrigo Gularte yang jadi terpidana mati kasus kejahatan narkoba.

Pihak kantor Presiden Dilma Rousseff bahkan menyatakan, jika eksekusi dilakukan, hubungan Brazil dan Indonesia terancam memanas. (Baca juga: Brazil Sebut Hubungan dengan RI Panas jika 2 Warganya Dieksekusi)

Pihak Australia juga sempat memprotes rencana eksekusi dua warganya, Myuran Sukumaran dan Andrew Chan yang merupakan anggota sindikat narkoba Bali Nine.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6021 seconds (0.1#10.140)