Presiden Jerman: Kaum Muslim Jadikan Jerman Lebih Beragam

Rabu, 14 Januari 2015 - 12:10 WIB
Presiden Jerman: Kaum Muslim Jadikan Jerman Lebih Beragam
Presiden Jerman: Kaum Muslim Jadikan Jerman Lebih Beragam
A A A
BERLIN - Ribuan orang turun memenuhi jalanan kota Berlin, semalam. Aksi ini dilakukan untuk menyuarakan toleransi antar umat beragama. Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Jerman Joachim Gauck turut menghadiri aksi ini.

Ini merupakan aksi tandingan demonstrasi anti-Muslim yang dilakukan oleh kelompok Pegida di timur Jerman. Dalam pidatonya, Gauck mengutarakan kehadiran kaum Muslim di Jerman tidak membuat Negeri Bavaria itu kehilangan identitas mereka, justru kehadiran mereka menambah kaya Jerman, dari berbagai macam aspek.

Dirinya juga menegaskan, pemerintah Jerman tidak pernah membedakan antara satu kaum dengan kaum lainnya, "Kita semua Jerman" pekik Gauck. "Kita, demokrat dengan latar belakang politik, budaya dan agama yang berbeda. Kita, masyarakat yang saling menghormati dan saling membutuhkan. Kita, masyarakat yang ingin hidup dalam kesatuan, keadilan dan kebebasan. Kita adalah Jerman," ungkap Gauck dalam piadatonya.

"Jerman lebih beragam melalui imigrasi, karena bukan hanya manusia yang bermigrasi, melainkan juga agama, budaya dan juga mental," imbuhnya, seperti dilansir Channel News Asia, Rabu (14/1/2015).

Dirinya juga menyatakan, bahwa untuk melawan ekstrimisme diperlukan sebuah masyarakat demokratis, yang saling menghormati satu sama lain, yang taat akan hukum. Menurutnya, esktrimisme tidak akan tumbuh di tengah masyarakat yang memiliki toleransi tinggi antara sesama.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5465 seconds (0.1#10.140)